Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

palasik, penganut ilmu hitam di daerah minangkabau

Ngomongin soal Palasik, apa itu palasik ? menurut orang ranah minang kepercayaan tentang palasik sama seperti kepercayaan tentang leak di daerah bali, kuyang buat daerah kalimantan dan medi usus di jawa. Sebenarnya palasik itu bisa terlihat seperti manusia normal tetapi mereka mempunyai kebiasaan aneh yaitu sering memakan daging dan tulang mayat yang sudah dikuburkan. Palasik jenis ini diberi nama palasik bangkai.

penampakan hantu palasik

  Masyarakat di daerah minangkabau mempercayai bahwa Palasik merupakan orang-orang yang sedang mendalami ilmu hitam dan mereka biasanya memiliki ilmu yang sangat tinggi. Ilmu ini biasanya di wariskan turun-temurun kepada keturunannya sampai keturunan ke tujuh sedangkan keturunan ke delapan dan keturunan selanjutnya biasanya adalah orang biasa yang tidak memiliki ilmu ini. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun bisa menjadi palasik. Konon katanya orang-orang palasik membentuk suatu perkumpulan atau komunitas sendiri di dalam masyarakat daerah sana. Mereka yang dicurigai sebagai palasik akan dikucilkan oleh masyarakat sekitar. Dan mereka hanya bisa menikah dengan keturunan palasik juga.

  Jika seorang palasik menikah dengan orang yang bukan palasik alias orang normal biasa maka anaknya juga akan menjadi palasik tetapi ilmunya tidak setinggi orang palasik yang bisa mengambil mayat di dalam kuburan tetapi hanya bisa menyakiti anak kecil saja sehingga setelah satu atau dua hari kemudian anak itu akan jatuh sakit. Pertanda jika seorang anak terkena palasik adalah badannya akan mengalami demam yang sangat tinggi dan berkepanjangan, terus suhu badannya akan selalu meninggi, badannya akan menjadi semakin kurus tiap harinya, kulitnya juga akan semakin mengeriput, matanya berkunang-kunang, dan ketika anak itu menangis akan terlihat seperti berhiba-hiba.

  Pada malam hari biasanya kepala mereka akan lepas dari badannya untuk mencari mangsa. Yang paling sering menjadi korbannya adalah anak balita dan bayi yang masih berada di dalam kandungan. Palasik mencari mangsa dengan cara melepas kepalanya dan terbang ada juga yang berburu mangsa dengan bagian tubuhnya yang bisa berjalan, tergantung jenis palasiknya. Palasik yang bisa melepas kepalanya oleh para masyarakat di daerah minangkabau dinamai dengan palasik kuduang. Dalam bahasa minang kuduang artinya adalah buntung atau bisa juga terpotong. Palasik biasanya di siang hari bekerja sebagai tukang cukur rambut ada juga yang bekerja sebagai tukang penjual sapu. Mereka bisa menghisap darah melalui perantara sapu dan gunting. Ciri khas dari palasik ini adalah mereka tidak mempunyai cekungan di antara bibir dan hidung. Jika mereka bertemu dengan anak balita yang sedang digendong ibunya, maka mereka akan berusaha untuk menghiburnya hal ini dilakukan untuk menyerang balita tersebut. Walaupun tanpa menyentuhnya, hanya dengan tatapan mata dan bathinnya saja balita tersebut sudah terkena ilmunya. Jika balita tersebut sudah terkena guna-guna palasik biasanya sangat sulit untuk mengobatinya, jika tak segera diobati oleh orang yang pintar maka balita tersebut akan meninggal dunia tanpa sebab yang pasti. Jika balita tersebut sudah meninggal maka pada malam hari kuburannya harus dijaga jika hal ini tidak dilakukan maka sudah dapat dipastikan bahwa balita yang sudah menjadi mayat tadi akan dicuri dan akan dijadikan santapannya.

  Pertanda jika palasik datang dan ingin mengambil mayat tersebut yaitu adanya nyamuk yang sangat banyak di atas kuburan tadi, kemudian datang kumbang, setelah itu lampu di atas kuburan akan mati, kemudian muncul anjing yang seolah-olah sedang menyeruak ketika kegelapan malam tiba, setelah itu barulah palasiknya akan datang. Lalu palasik tersebut mengeluarkan 7 helai lidi saktinya untuk mengeluarkan mayat tersebut dengan cara melecutinya lalu seketika itu juga akan muncul sosok kelelawar dari dalam kuburan itu. Lalu kelelawar tersebut akan berubah dan menyerupai sosok yang sudah mati tersebut. Sesegera mungkin palasik tersebut akan menggendongnya dan membawanya pulang. Jika sudah sampai dirumah palasik tersebut akan memandikannya, setelah bersih lalu palasik tersebut akan menyembelihnya. Sebagian hasil dari penyembelihan juga akan dibagikan kepada sesama palasik. Meskipun tempatnya jauh, palasik tersebut tetap akan mengantarkannya walaupun daging yang diantarkannya tersebut cuma beberapa iris saja. Katanya jika seorang palasik tidak menyantap daging selama satu tahun maka badannya akan menjadi kurus, dan wajahnya pucat seperti orang yang kehabisan tenaga.

  Ketika orang yang menangkap basah palasik sedang mengambil mayat dikuburan maka orang tersebut biasanya akan menjadi kaya mendadak. Berapapun uang yang diminta akan dikabulkan oleh palasik tersebut karena palasik sangat takut sekali jika rahasianya terbongkar. Jika palasik tersebut tidak mempunyai uang yang cukup sesuai permintaan orang tersebut maka palasik tersebut akan meminta bantuan kepada sesama palasik untuk membantunya. Hubungan antara sesama palasik sangatlah erat, jika ada palasik yang merasa kesusahan maka palasik lainnya akan ikut membantu.

  Ada cerita lagi apabila ada balita atau orang dewasa meninggal maka pada malam harinya palasik juga akan mendatangi kediaman orang yang sudah meninggal setelah sampai dan masuk rumah, palasik tersebut akan mencari bekas air yang digunakan untuk memandikan mayat tersebut. Jika sudah ketemu maka palasik tersebut akan menjilati air bekas memandikan mayat tadi. Apabila dia ketahuan maka dia akan lari dengan sangat kencang sampai-sampai anjing pun kalah cepat larinya. Jika dibacok menggunakan parang sekalipun juga tidak mempan karena palasik kebal.

  Tidak semua palasik bersifat jahat ada juga palasik yang suka menolong biasanya orang yang terkena palasik bisa sembuh jika dibawa kerumah palasik dan oleh palasik tersebut biasanya akan diberi air minum yang sudah diberi bacaan-bacaan khusus. Sedangkan untuk menangkal supaya balita tidak terkena guna-guna palasik yaitu dengan membuat penangkal yang berupa cengkeh, kunyit, merica hitam, pinang sinawal, bawang putih dan buah pala. Semua bahannya dibungkus lalu dimasukkan ke dalam baju balita tersebut.

Sekian dulu ya sobat semoga cerita ini bermanfaat buat sobat blogger semua.

47 komentar : palasik, penganut ilmu hitam di daerah minangkabau

Diposting oleh 

Kalau palasiknya kebal kenapa mesti lari waktu dikejar, kan bisa melawan aja, ngeri nih ceritanya, bikin saya merinding :(

Jauhkanlah diri dari orang orang palasik..
Baru dengar ini nama palasik

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Yobert Parai : walaupun kebal tapi tetep bisa ditangkep gan, . kalo palasiknya dikerudungi apa gitu, . palasiknya jadi gx bisa gerak, .
trus ada lagi nih jika palasik disembur pake ramuan apa gitu, palasiknya akan terpental dan pingsan gan, . :D
tapi ya susah buat nyemburin sama ngerudunginnya lha wong larinya kenceng, .he he
kecuali pas palasiknya lagi lengah, bisa dengan mudah ditangkap. . biasanya pas lagi menyantap mangsa sama menjilati air bekas mayat dia selalu tengok kanan kiri supaya kalo ketahuan bisa langsung kabur , he he ^_^

@wewengkonsumedang.com : iya gan, . kasihan keturunannya gx tahu apa-apa. .

@Muya Devoteeshonesty : dulu di mister tukul jalan jalan juga mbahas tentang ini kok. pertengahan tahun 2012 kalo gx salah. .. banyak sekali anak-anak kecil maupun balita yg sakit karena ulah palasik ini. . :D

Diposting oleh 

trus itu palasik yang baik makannya gimana sob kalo gk kaya yang jahat? apa sama manusia normal?

Diposting oleh 

ngeri banget tuh palasik cuma kepala sama usus bisa nyusul ibu hamil, hmmm :)

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Intan Sudibjo : gx tahu juga sih, . ceritanya emang gitu, orang kena palasik trus dibawa ke keturunan palasik lainnya .. :D

palasik adalah orang membuat perjanjian dengan setan dengan tujuan memperoleh kesaktian dan umur panjang, kalo malem palasik jadi tidak sadar dan dikuasai sepenuhnya oleh setan tadi, tetapi ada juga yg sadar tapi tak bisa mengendalikan tubuhnya. .

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Indri Lidiawati : iya mbak , dulu didesa saya juga ada hantu kayak gini. masyarakat sekitar menamainya medi usus , . konon katanya hantu tersebut sering berada dipinggir jalan menunggu ada yg lewat, setelah ada yg lewat maka usus tadi bisa memanjang dan menjerat leher korban hingga meninggal, . tetapi sekarang kayaknya sudah jarang ada,. selain medi usus ada lagi medi bayek, atau dalam bahasa indonesia hantu bayi, .nah kalo yg ini temen ane pernah liat pas siang hari lagi, .biasanya medi bayek ada diatas pohon trus suaranya kayak bayi baru lahiran sama matanya menjulur keluar, . katanya sih medi bayek ini berasal dari ibu-ibu hamil yang keguguran,. he he

kalo aku sendiri udah punya banyak pengalaman ketemu hantu sewaktu kecil masih jaman SD tahun 1999 dari mulai pocong, genderuwo, kuntilanak, dll.

wah ngeri juga ya ada hantu palasik hmmmm :)

mudah-mudahan di daerah saya tidak ada hantu kayak getu, soalnya serem banget :)

Diposting oleh 

kalo ane sukanya makan orang gan :D

Diposting oleh 

Waaaah agak serem dengarnya..... mudah2n lbh banyak palasik ug baik

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Wahyu Eka Prasetiyarini : sekarang kayaknya medi usus didesa saya juga gx ada, . tapi palasik di minangkabau sampai sekarang masih ada mbak, . he he

@indexiapk : Ok gan, . :D

@Andre Kocak : Apanya yg dimakan gan, . ? ^_^

@Ello Aris : ehm moga aja begitu ya. ..

Diposting oleh 

Mau cepet kaya, packing berburu palasik B|

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@nandosempai : ngapain takut gan, sekali2 uji nyali gitu he he, . lebih serem lagi yg ada di alam ghaib gan ,. :D

Diposting oleh 

sebenarnya dari membaca judulnya saja sudah bikin takut, tapi tetap saya baca sampai habis karena pengen tahu.. terimakasih sudah berbagi.

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Elsawati Dewi : saya lebih takut masuk neraka mbak elsa ha ha ha :D
di alam ghaib malah lebih serem lagi lho mbak, di alam nyata tidaklah seberapa jika dibandingkan di alam ghaib sana. subhanallah.
maaf ya saya belum bisa blogwalking karena kesibukan yg sangat padat.

Diposting oleh 

kalo di kalimantan sini namanya kuyang...sama persis...kepalanya bisa lepas,,,mungkin dia sepupu dari keponakan eyang cucu palasik lah. hehehe

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@yamaha vixion : iye gan,.. kalo di kalimantan populernya dengan sebutan kuyang,. he he :Peace:

Diposting oleh 

Kelemahan medi usus/palasik dengan menancapkan tusuk bekas sate di Lehernya. Jenis manusia jejadian ini berpantangan & takut dgn tusuk bambu bekas sate

Diposting oleh 

Mungkin plastik gan bukan palastik haha.

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

palasik gan bkn palastik.. :(

Diposting oleh 

oh berarti saya salah baca gan. hehe :bingung:

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

ah elah si agan... =D

Plastik kali gan bukan palasik :ngakak:

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

hadeh,.... :nohope:
becanda mulu ente gan,... :D

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

nge junk mulu ente gan.. -__-

Diposting oleh 

moga-moga aja calon istri ane yang notabene orang padang tidak memiliki riwayat keturunan palasik, secara ane sayang banget sama dia

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

Amin... semoga sesuai dengan yang diharapkan om... :)

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

dilarang nyepam please... O:-)

Diposting oleh 

Dulunya si emang ada yang kayak begituan gan. sekarang mah ane pikir ga ada lagi gan. Jaman udah canggih skrang gan, ga musim lagi ilmu-ilmu yang kayak begituan gan.. haha
kalau ketemu mah, lempar pake pasir aja gan, biar ususnya kotor, lalu infeksi dah.. haha. . kalau kebal emang dia bisa apa sama orang dewasa? da toh cuma kepala dan usus. ! hehe

Ane orang MINAGKABAU asli gan. di depan rumah ane juga ada tu palasik. kata orang-orang tu nenek emang palasik. tapi ntah palasik baik entah palasik jahat. kalau menurut ane itu palasik baik mungkin, biasanya kalau ketemu ane dia sering bercandaan. humoris gitu orangnya gan. ..

kalau di MINANGKABAU yang tidak mempunyai cekungan di antara bibir dan hidung itu bukan palasik gan, tapi CINDAKU. cindaku kebalikan dari palasik. cindaku ga doyan sama anak kecil. (setahu saya) :D

Diposting oleh 

hmm... beda-beda ya ternyata ceritanya... trimakasih atas infonya... :)

Diposting oleh 

Ya begitulah kira-kira.
negri 1001 misteri. ..

hahaa. .
sama-sama gan

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

oke gan.... sipp.. :v

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Diposting oleh 

Maaf gan,,,saya lah palasik kuduang nya ada keturunaan ayah di minangkabau kata ayah, saya yang menghisap ibu ibu hamil dan bayi serta mengalami keguguran saya mengaku saya palasik kuduang tapi rasa akan ,,darah,,membuat saya sangat haus sekali bagaikan madu tapi tolong saya....ingin jadi manusia normal dan tolong jangan merendahkan saya sesama manusia ,,tolonglah saya

Diposting oleh 

Maaf gan,,,saya lah palasik kuduang nya ada keturunaan ayah di minangkabau kata ayah, saya yang menghisap ibu ibu hamil dan bayi serta mengalami keguguran saya mengaku saya palasik kuduang tapi rasa akan ,,darah,,membuat saya sangat haus sekali bagaikan madu tapi tolong saya....ingin jadi manusia normal dan tolong jangan merendahkan saya sesama manusia ,,tolonglah saya

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

kalau di kampung mitosnya supaya bayi tidak terkenan palasik, baju dalam / singletnya di balik. Saya juga kurang paham kenapa begitu.

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

mungkin agan bisa minta bantuan kpada orang pintar atau yang ahli dalam hal supranatural agar dibantu memutus perjanjian dgn makhluk halus yang sudah dibuat oleh leluhur agan di masa lalu :)

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

siip.. nice info gan, bisa buat nambah wawasan :D

Diposting oleh 

Kalo di kampung saya bugis namanya parakang

Diposting oleh 

Kalo di kampung saya bugis namanya parakang

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

owh bgitu,.. terimakasih atas infonya gan ^_^

Posting Komentar : palasik, penganut ilmu hitam di daerah minangkabau

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML