Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Cara mudah mengaktifkan kartu smartfren di modem EC176-2

Biar saya tebak, pasti banyak para newbie yang kebingungan atau kesulitan bagaimana cara mengaktifkan kartu smartfren di modem smartfren seri EC176-2. Sebenarnya caranya sangat mudah yaitu kalian hanya perlu mengirim sms. tetapi banyak para newbie kesulitan dalam hal pengaktifan kartu modem smartfren. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial singkat dan padat bagaimana mengaktifkan kartu smartfren.
1. Pertama yang kalian harus lakukan adalah membuka halaman aplikasi Smartfren Connex.
2. Setelah itu menuju tab Tools > Options > Network.
3. Rubahlah settingan pengaturan jaringan yang semula berada pada settingan Hybrid, sekarang kalian rubah menjadi 1X only.

  Ada apa dengan 1x only kenapa tidak EVDO only atau Hybrid ?
Itu karena jaringan EVDO dan Hybrid hanya bisa digunakan untuk internetan tetapi tidak bisa untuk mengirim sms, jadi berkali-kali kalian mencoba untuk mengirim sms tetapi jika settingan jaringannya masih berada di evdo atau hybrid maka pengiriman sms tersebut saya jamin pasti gagal terkirim. Selain itu jika kalian beli pulsa smartfren tetapi settingan masih berada di evdo atau hybrid saya jamin pulsa gak bakalan masuk kecuali modem dalam keadaan mati, itupun masuknya juga lama butuh beberapa jam. berbeda jika menggunakan 1X maka pulsa akan cepat masuk, normalnya yaitu 5 detik pulsa sudah masuk. supaya bisa untuk mengirim sms kalian rubah pengaturan jaringan menjadi 1X only seperti gambar di bawah ini :

cara aktifkan kartu smartfren

4. Setelah jaringannya sudah kalian setting sekarang tinggal menuju tab Pesan lalu buatlah sms baru.
5. Berikut ini tatacara pengiriman sms aktivasinya :
Kirim SMS ke 4444 dengan format: Daftar*tipe dokumen(KTP/SIM/Paspor)*Nomor Dokumen*Nama Lengkap*Jenis Kelamin(L/P)*Tempat Lahir(Tanggal Bulan Tahun)*Pekerjaan*Alamat Lengkap*Kota

Contoh :
Daftar*KTP*010321452013*Anisa Putri*P*Jakarta*17091988*Mahasiswa*Jl. Kebon Kacang III No 123*Jakarta

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi call center 888 (dari nomor Smartfren) atau 088 11 22 33 44 (dari nomor selain smartfren).
6. Setelah kartu aktif. lalu daftarkan paket internet. Kalau saya biasanya menggunakan paket unlimited bulanan reguler dengan harga Rp 49.000/Bulan. Download s/d 384 Kbps, Uploads s/d 128 Kbps. kuota 1.5 GB.
Untuk caranya tinggal ketik Data(spasi)R30 kirim ke 123.
Setelah daftar paket sukses sekarang kalian ganti pengaturan jaringan kembali menjadi EVDO Only jangan Hybrid karena bikin modem tambah panas sebab jika memakai Hybrid maka modem akan mencari sinyal evdo dan 1x secara bersamaan dan bisa berganti secara otomatis sehingga menambah beban modem, nanti jadi panas modemnya.
7. Setelah itu tinggal connect modem ke internet.
Selesai, Silahkan dicoba.

54 komentar : Cara mudah mengaktifkan kartu smartfren di modem EC176-2

Kebetulan saya juga menggunakan smarpren mas untuk internetan. Memang sangat mudah untuk aktivasinya :)

Diposting oleh 

@Wahyu Eka Prasetiyarini : Iya mbak, mudah banget, tapi kalo belum pengalaman ya sulit. . he he. .

Diposting oleh 

Thanks infonya, Sob...saya juga termasuk pengguna Smartfren!

Diposting oleh 

@Kang Sun : Iya gan, sama-sama , .he he

Diposting oleh 

Mas, saya mau nanya.
Saya baru aja beli kartu smarfren yg baru, ceritanya ya buat internetan aja.
Saya isi pulsa yg 50ribu, niatnya buat paket sebulan.
Kata abangnya, kalo isi pulsa 50ribu itu udah otomatis sebulan dan bisa internetan tanpa harus paketin.
Udah saya daftar tuh di comp di modemnya, udah bisa.
Pas saya daftar yg sebulan ternyata ada balesan "maaf sisa pulsa anda tidak cukup" nah itu gimana ya? Sinyal udah saya ganti 1X pas ganti EVDO only tetep aja 1X sendirian hehe , tolong coment gan:)

Diposting oleh 

@Risma Dewi : kalo boleh tahu modemnya tipe apa ?
setahu saya ada paket unlimited dan paket evo

paket EVO
keuntungan : speed internet kenceng alias cepat
kerugian : sama seperti volume based jadi kalo kuota habis ya gx bisa internetan lagi kecuali masih ada sisa pulsa. kalo dipake buat download kuota akan cepat habis jadi kesimpulannya boros pulsa.

paket Unlimited
keuntungan : full unlimited selama sebulan. lebih hemat pulsa.
kerugian : speed internet kalah cepat. cuma dapat kuota 1,5GB kalo kuota habis masih bisa dipake internet tetapi kecepatan akan dikurangi.

tadi kan kata abangnya isi pulsa 50ribu udah otomatis sebulan, berarti kartunya mungkin paket evo jadi isi pulsa udah otomatis terconvert menjadi kuota sesuai jumlah pulsa. sekarang mo pilih yg mana paket EVO atau UNLIMITED ?
kalo mau ganti dari paket evo ke paket unlimited ya ganti kartu aja biar gx ribet. sebelumnya tanya dulu sama penjualnya itu kartu berada di paket unlimited apa paket evo.

kalo udah pake yg paket unlimited agan/sis bisa daftar paket internet melalui sms caranya ketik :
Data[spasi]R30 kirim ke 123 Rp 49.000 Download s/d 384 Kbps Upload s/d 128 Kbps (paket reguler)
Data[spasi]unl30 kirim ke 123 Rp 99.000 Download s/d 768 Kbps Upload s/d 384 Kbps (paket premium)
kedua paket diatas udah full unlimited sebulan.

Itu kaya pengalaman aku gan, modem smartfren aku kan baru tipe ec176-2, karna masih baru dan dapat gratis 10gb selama 2 bulan. Tapi aku pake tiap hari akhirnya kuota nya habis, dan setelah itu saya isi yang 50rb karna rencana'a mau saya paketin regular unlimited Rp49.000,-. Setelah pulsa masuk dan kemudian saya langsung sms dengan format (Data R30) yang dikirim ke 123, dan setelah terkitim ternayata balasannya "PULSA ANDA TIDAK MENCUKUPI" dan saya shock banget, dan kemudian tiba2 ada smz dari operator "selamat anda mendapatkan paket internet 1,7GB selama sebulan". Ternyata setelah pulsa masuk itu kok bisa otomatis kena paket 1,7GB gitu, apa karna kartu saya yang EVO kali ya gan?
Kalo kaya gitu berati saya harus ganti kartu yang Unlimited donx?

Diposting oleh 

@choirunnisha : wah sama dong modemnya ec176-2 he he ^_^, itu belinya dah lama atau baru-baru ini ?
kok cuma dapet gratis 10GB selama 2 bulan, kalo aku belinya tahun 2012 dapet gratisan internet unlimited selama full 2 bulan buat download rata2 bisa nyampe 900++kbps. kalo sinyalnya bagus mungkin bisa mentok 3.1mbps

iya betul mbak choirunnisha kalo pengen ganti ke paket unlimited ya ganti kartu aja, sebelumnya tanya dulu ke penjualnya itu kartu smartfreen berada di paket evo atau unlimited :D

Iya aku beli baru bulan kemaren nih, aku beli modem baru karna modem lama aku rusak yang ac berapa gtu, yang modemnya cepet panas itu.
Aku coba pindahin kartu modem aku yang lama ke modem aku yang baru dan ternyata gak bisa berfungsi modem'a. Gak bisa aku check pulsa, gak bisa aku smz dll.
Terus gimana yah biar modem aku bisa diaktifin paket unlimited, gak pake kuota lagi gitu

Diposting oleh 

@choirunnisha : beberapa kartu emang ada yg begitu, maksudnya gx bisa dipake di modem lain dan hanya bisa dipake di modem bawaan.
untuk kirim sms pengaturan jaringan dirubah dulu menjadi 1x . kalo tetep gx bisa ya berarti bener bahwa kartu tersebut hanya bisa dipakai di modem yg rusak tadi.

sudah saya jelasin kalo mau pake paket unlimited dengan cara yg tidak ribet silahkan beli kartu smartfreen baru, sebelumnya tanya dulu ke penjualnya itu kartu paket evo apa paket unlimited. :D

Diposting oleh 

om baru beli modem smartfren ec176-2 nih itu kok di iklan link nya smart dpt gratisan paket unlimitied tp aq cuman dpt kuota 2gb apa harus ganti paketan unlimitied dolo baru bisa dpt gitu ataw gmn? terus yg di maksud ganti kartu yg unlimitied itu gmn kaks tq sebelumnya

Diposting oleh 

@ivan hagemaru : jangan manggil om, masih muda tau >_<
sekarang mungkin begitu cuma dapet kuota 2GB.
yg ane maksud ganti kartu ? agan beli kartu smartfren baru yg paket unlimited bukan evo di counter hp atau dimana gitu terserah kamu. :D

Diposting oleh 

kalo EVO Sih enak enak aja mas bro.. tergantung pemakaian anda, jika anda selalu menDOWNLOAD maka cocok paket ini, tapi jika sekedar buka fb ato twitter cocok pake UNLIMITED...

Diposting oleh 

@Wahyu Al hadza : emang tergantung pemakaian sih, bisa berhemat atau nggak ? he he ^_^
kalo pake EVO takutnya gx bisa ngontrol pemakaian, buat download terus ya habis ntar quotanya :D

Diposting oleh 

gmna cara nya kita dapat menggunakan kartu modem smartfren di hp smartfren . karena jika kartu modem di gunakan di hp akan ada sinyal tapi tidak bisa melakukan apa" sinyal nya seperti blank .
solusi nya gan ?
thanks before :D

Diposting oleh 

@Riyan Andhika : udah di daftarkan paket internet belum. . ?

Diposting oleh 

gan gw mau tanya ,kan gw pake smartfren ec176-2 rev a,kuota abis ,terus saya isi 50,niatnya mau gw paket,eh tiba-tiba ke paket sendiri,kalau mau ganti paket ,berarti harus ganti kartu gan ???

Diposting oleh 

@Angga Pangestu : berarti kartu smartfren yang agan pake berada di paket EVO.,...
kalo mo pake paket Unlimited ganti kartu aja gan,.. pilih yang paket Unlimited.. :D

Diposting oleh 

mau tanya..modem sya kmren mau sya prcpat dngan gnti profil management,,trnyta,,profil yg aslinya tiba2 hilang bsrta sinyalnya nggk trbaca,,itu knpa yaa?

Diposting oleh 

@migfar maulana : waduh ane gak tahu gan,..
agan pake kabel panjangan usb nggak,.? mungkin kabelnya rusak, kalo nggak .. ane gak tahu,. :Peace:
coba pake profil standart gan,.,.
Profil Name : Smart
Access Number : #777
Username : smartfren
Password : smartfren

Diposting oleh 

gan mau tanya gw baru beli modem smartfren EC176-2, udah gw register, indicator signal EVDO penuh dan statusnya connected pada indicator dial-up, tetapi "no network access" dan di bagian mobile broadband connection nya muncul indicator seperti Wifi dengan nama CDMA padahal status wifi saya tidak aktif, bila di click connect muncul form login yang berisi
Access String :
Username :
password :

saya coba masukkan access string nya #777 dan usernam sama passwordnya smartfren juga tetap tidak bisa

mohon pencerahannya gan

Diposting oleh 

@dony widianto : coba di disconnect dulu,... trus connect lagi melalui aplikasi smartfren connex..
btw, itu wifi apa sih ? ane kagak ngerti.. :bingung

Diposting oleh 

kalau gk daftar paketnya gk bisa di pakai ya.....???

Diposting oleh 

mohon di bles gan...

Diposting oleh 

kalo gak di daftarin paket ya nanti biaya internet berdasarkan volume base.. :D

Diposting oleh 

mas mau tanya,, saya kok ga bsa regristasi data kenapa ya,,, pesannya gagal trus,, ga da yg trkirim,, jd mu di konekin ga bsa,, knapa ya? trimz,,, :D

Diposting oleh 

kalo sms-nya gak terkirim mungkin sinyalnya,..
sinyalnya dirubah dulu yang semula berada di HYBRID atau EVDO ONLY, kamu rubah jadi CDMA 1x setelah itu coba kirim sms lagi..
setelah sms berhasil terkirim dan paket data sudajh aktif, kamu kembalikan lagi settingan jaringannya ke hybrid atau evdo only.. :)

Diposting oleh 

udah dibales tuh,.. :D

Diposting oleh 

OM KOK MODEM SAYA YG SMART FREN Pokok Nya Depan Nya EC G Bisa Ganti Jaringan Dari HYBIRD Ke Evdo Dan G Bisa Ganti DNS Modem Nya Pula Gimana Solusi Nya Om Tolong :)

Diposting oleh 

kok gak bisa gan,.. ? :bingung:
modemnya smartfren tapi kartunya pake apa gan ?
pada mode hybrid, sinyal evdo-nya muncul gak ?

Kalau ganti kartu dengan kartu smart yang lain kenapa tetap tidak mau konek ya gan...

Diposting oleh 

gak bisa koneknya kayak gmana gan ?
biasanya kan kalo ada error pasti ada pesan tersendiri, nah pesannya itu apa ?.. :)

Diposting oleh 

wah mantap informasinya nih, saya mau coba. apalagi blognya keren broo,, ajarin dong nge design nyaa broo heheh

Diposting oleh 

ha ha ha,.. blog ane biasa aja tuh kak.. :kiss:

Diposting oleh 

Bagaimana cara unlocked pin kartu smartfren saya mas, terimakasih.

Diposting oleh 

loh maksudnya gmana yah,.. kok pake pin segala..? :bingung:
setahu saya perdana kartu smartfren gak harus ada pin buat unlock segala.. :D

Diposting oleh 

Saya mau nanya, kebetulan modem saya sama spt anda. Kalau masa berlaku yang ada di bungkus modem udah kelewat, kita masih bisa pake ga? Soalnya saya isi pulsa gagal(kebetulan bunda jual pulsa). Makasih ya

Diposting oleh 

mungkin udah gak bisa kayaknya... maksud saya modemnya masih bisa dipake tapi di dalamnya modem kan biasanya ada kartu bawaan nya smart..
nah kartunya itu yg udah gak bisa dipake,.
beli aja kartu perdana baru terus lepas cassing modem terus ganti kartu yg ada di dalam modem tadi..

Diposting oleh 

Beli kartu smartfren nya bebas aja atau harus yang gimana?

Diposting oleh 

ya bebas aja... n setelah isi pulsa jangan lupa beli paket internet nya.. mau yg unlimited atau pake kuota.. :)

Diposting oleh 

smapren ku wktu diisi pulsa (buat sms) pulsanya malah lari jadi paket inet, gimana biar kalu diisi gak campur aduk lagi

Diposting oleh 

gak bisa kayaknya.. smartfren memang biasanya selalu menawarkan paket internet ketimbang paket sms ataupun telepon.. untuk sms dan telepon biasanya hanya sebagai bonus dari paket internet yang di beli..

kak, gmn bisa tau kartu kita itu unlimted punya atau evo punya? lewat mana liatnya kak? biar nantinya gak salah paketin

Diposting oleh 

wah q gk tahu.. aku dah jarang pake modem smart .. lebih sering pake wifi.. :)

Diposting oleh 

saya sudah biasa meregritrasi modem smartfreen dan berhasil, u. modem mc.400 kok agak sulit sudah berapa kali coba ( menggunakan daftar..... ) tapi kali ini gagal selalu, gmn solusinya

Diposting oleh 

coba cek dulu sinyalnya gmana..? trus cek sinyal yg tampil itu apakah sinyal evdo ?

btw, aku udah gak pake modem smartfen lagi jadi aku bingung jawab pertanyaan-nya agan...
aku sekarang pake wifi kampus yg speed donlot-nya kenceng.. :)

Diposting oleh 

coba uninstall driver modem-nya gan..
trus buka Control Panel > Network and Internet > Network Connections hapus settingan modem disitu..
trus restart laptop
trus install lagi driver modem-nya.. :)

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

Gan, punya ane kok boros ya, sehari bisa abis 300 mb

Diposting oleh 

kalo gak pengen boros quota, mending pasang wifi/internet rumahan aja gan.. yang unlimited quota

bisa pake Firtmedia atau My Republic atau yg lainnya.. :)

Diposting oleh 

ralat ... Firstmedia

Diposting oleh 

Kak mau tanya, kebetulan aku nemu modem ku yang udah lama gak kupakek dan modelnya sama persis kayak di atas, nah kalo di isi kartu 4g bisa jalan 4g gak ya Kak? Makasih

Diposting oleh 

gak bisa dek
modem di atas belum support 4G
modem smartfren EC176-2 diatas hanya support sampai EVDO
ya bisa dibilang kalo speednya hanya setara 3G

jadi adek beli modem baru aja. datang aja ke galeri smartfren..

Artikel ny sngt Bermanfaat

Posting Komentar : Cara mudah mengaktifkan kartu smartfren di modem EC176-2

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Lisensi Creative Commons
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML