Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Cara menggabungkan 2 tag kondisional atau lebih secara sekaligus

Sudah hampir satu tahun saya tidak posting artikel di blog ini dikarenakan kesibukan kuliah. Jadi malas ngeblog nih.. gak ada yang bantuin soalnya :D. Ngomong-ngomong, adakah teman-teman di sini yang pernah berpikir bagaimana cara menggabungkan dua tag kondisional atau lebih secara sekaligus agar kode tag kondisional tersebut menjadi lebih simpel ? karena kalau tidak digabung maka kode yang harus di pakai pasti lumayan banyak dan bikin pusing. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya di blogspot sendiri ada beberapa tag kondisional yang bisa kita gunakan untuk menampilkan kode tertentu di halaman tertentu juga. Sebelum membahas cara menggabungkan tag kondisional, saya bahas dulu cara menggunakan tag kondisional bagi yang belum paham atau belum tahu. Sebagai contoh ketika ingin menampilkan kode tertentu hanya di halaman homepage saja, kita bisa menggunakan kode di bawah ini :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
kode ABC
</b:if>
atau
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
kode ABC
</b:if>
Kedua kode diatas sama saja sebenarnya, hanya bagian pengaturan kondisi nya saja yang di bolak-balik :). Kedua kode di atas bisa kita artikan "Jika blog url sama dengan ( == ) homepage url maka tampilkan kode ABC" atau "Jika homepage url sama dengan ( == ) blog url maka tampilkan kode ABC". Cuman di bolak-balik saja kan :D. Jadi maksudnya, jika kalian membuka halaman homepage maka kode ABC yang diapit oleh tag kondisional tersebut akan di tampilkan. Sedangkan di halaman selain homepage seperti di halaman postingan, halaman statis, dan halaman lainnya tidak ditampilkan karena isi di dalam tag kondisional hanya jika blog url == homepage url atau homepage url == blog url. Coba perhatikan kode ini <b:if cond='....disinilah pengaturan kondisi...'>.
Saya kasih contoh lagi, coba perhatikan kode di bawah ini :
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
kode ABC
</b:if>
atau
<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
kode ABC
</b:if>
Kedua kode diatas juga sama-sama cuma di bolak-balik juga. Kedua kode di atas bisa kita artikan "Jika blog url tidak sama dengan ( != ) homepage url maka tampilkan kode ABC" atau "Jika homepage url tidak sama dengan ( != ) blog url maka tampilkan kode ABC". Jadi maksudnya, jika kalian membuka halaman homepage maka kode ABC tidak akan ditampilkan. Sedangkan jika kalian membuka halaman selain homepage seperti di halaman statis, halaman postingan, dan halaman lainnya maka kode ABC akan ditampilkan karena isi di dalam tag kondisional hanya jika blog url != homepage url atau homepage url != blog url.

Berikut ini kode tag kondisional lainnya yang saya ketahui :

Tag kondisional Fungsi
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'> Hanya tampil di halaman error
<b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'> Hanya tampil di halaman statis
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> Hanya tampil di halaman postingan
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'> Hanya tampil di halaman index. Halaman homepage juga termasuk halaman index
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'> Hanya tampil di halaman archive
<b:if cond='data:blog.url == "masukkan url disini"'> Hanya tampil di halaman dengan url yang kita tentukan
<b:if cond='data:blog.searchLabel'> Hanya tampil di halaman label
<b:if cond='data:blog.isMobile'> Hanya tampil di halaman mobile


Sebenarnya masih banyak lagi kode tag kondisional selain di dalam tabel diatas. Kode tag kondisional di dalam tabel tersebut biasanya yang paling sering digunakan. Kalau kalian sudah paham bagaimana cara menerapkan kode tag kondisional, mari kita mulai membahas cara menggabungkan kode tag kondisional yang akan saya jelaskan di bawah.

And


Kalian bisa menggunakan kode and untuk menggabung 2 atau lebih tag kondisional. Sebagai contoh saya menggunakan kode and ini untuk menampilkan iklan hanya di halaman index dan halaman postingan saja. Berikut ini kode yang saya gunakan :
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot; and data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<style>.ads-header,.ads-tautan-slot-1,.adsense-mobile,#HTML2,#HTML8{display:none;}</style>
</b:if>
Kode berwarna orange bisa kalian anggap sebagai syarat dan kode berwarna kuning bisa kalian anggap sebagai perintah. Setiap syarat dipisahkan dengan kode and. Jadi jika kalian menggunakan and dan kalian ingin perintah tersebut bisa dijalankan/ditampilkan maka semua syarat harus terpenuhi. Di dalam kode berwarna orange terdapat dua syarat yaitu "Jika tipe halaman tidak sama dengan halaman index" dan "Jika tipe halaman tidak sama dengan halaman postingan". Jika hanya salah satu syarat saja yang terpenuhi maka perintah tidak akan dijalankan. Jadi jika kalian menggunakan and maka semua syarat yang ada harus terpenuhi agar perintah bisa di jalankan. Jika di dalam kode orange ada banyak syarat dan kalian hanya ingin dengan salah satu syarat saja yang terpenuhi, perintah bisa dijalankan maka kalian bisa menggunakan or. Baca penjelasan tentang or di bawah.

Or


Kalian bisa menggunakan kode or untuk menggabung banyak syarat/kondisi sekaligus. Contoh, saya menggunakan kode or untuk tidak menampilkan kode meta robot noindex agar tidak mengindex banyak halaman dan postingan. Berikut ini kodenya :
<b:if cond='data:blog.url == &quot;....url 1....&quot; || data:blog.url == &quot;....url 2....&quot; || data:blog.url == &quot;....url 3....&quot; || data:blog.url == &quot;....url 4....&quot; || data:blog.url == &quot;....url 5....&quot; || data:blog.url == &quot;....url seterusnya....&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/><b:else/><meta content='index, follow' name='robots'/></b:if>
Kode berwarna orange anggaplah suatu syarat/kondisi. Kode berwarna kuning anggaplah suatu perintah. Kode berwarna biru anggaplah suatu pengecualian. Kode berwarna merah anggaplah alternatif perintah, jadi jika syarat tidak terpenuhi maka perintah setelah kode <b:else/> yang akan dijalankan. Setiap syarat/perintah dipisahkan dengan || . Jika masih bingung aku akan memberikan contoh lagi. Sebagai contoh jika hanya ingin menampilkan kode hanya pada halaman postingan, statis, homepage dan selain ketiga halaman tersebut tidak ingin menampilkannya maka biasanya orang akan menggunakan kode di bawah ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
kode
</b:if>
</b:if>
</b:if>
Kalian bisa menggunakan or untuk menyingkatnya menjadi seperti ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item" || data:blog.pageType == "static_page" || data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
kode
</b:if>

Jadi lebih singkat kan. Beberapa bulan yang lalu juga ada beberapa tag kondisional baru dari blogger tetapi sepertinya tidak bisa digunakan sebagai pengecualian, berikut ini kodenya :
<MainPage> </MainPage>
<ArchivePage> </ArchivePage>
<ItemPage> </ItemPage>
<MainOrArchivePage> </MainOrArchivePage>
Selamat mencoba sobat.

8 komentar : Cara menggabungkan 2 tag kondisional atau lebih secara sekaligus

Diposting oleh 

Lama ga maen kesini....hahhahyy

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

semoga gk bosen main kesini... :v

Diposting oleh 

Shizenku Blog, tampilannya semakin oke.. :)
Bagaimana kabar mas Budiyanto, juga kuliahnya? Maaf, baru sempat mapir di sini mas..
Oh ya, yang dimaksud kodeABC itu yang mana mas? apakah sama penggunaannya pada iklan adsense (misalnya) yang tidak ingin ditampilkan pada salah satu halaman di blog kita?

Diposting oleh 

baik.. :)
halo juga om gmna kabarnya ? :)
maaf.. sbenernya blog ini gak keurus.. soalnya ane lgi ngurusin banyak blog lainnya.. :D

kode ABC itu maksudnya kode yang akan di pakai... seperti kode iklan atau kode javascript atau kode lainnya..
fokus saja ke kode tag kondisionalnya aja ( kode yang mengapitnya )... :v

Diposting oleh 

makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
QUEENXXX92

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

trimakasih ya... :)

thaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaks

work ini yg sy cari2 :)

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

sama-sama gan .. O:-)

Posting Komentar : Cara menggabungkan 2 tag kondisional atau lebih secara sekaligus

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML