Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Mengatasi cache error 404 not found di blog

Ketika kita mengecek cache blog kita di webcache google, beberapa blog mengalami masalah seperti error 404 not found. apakah blog kalian juga mengalami cache error ?
Jika ingin tahu blog kalian mengalami cache error atau tidak silahkan buka google lalu di kotak pencarian silahkan ketikkan ( cache:url blog ) tanpa tanda tutup kurung.
Contoh : cache:shizenku.blogspot.com maka webcache google akan menampilkan cache blog kita seperti gambar di bawah ini :

cache shizenku blogspot
Shizenku.blogspot.com

Tetapi jika cahe blog kita error 404 not found maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :

cache error
Shizenku.blogspot.com

Error ini disebabkan karena cache blog tidak tersimpan di domain kita bisa juga karena di redirect ke lokal domain lain.
Sebelum kita lanjut posting, tutorial ini di tujukan bagi yang mengalami masalah pada cache blog tetapi dalam hal index artikel tidak mengalami masalah ( Semua artikel terindex ).
Dulu blog ini pernah mengalami DMCA Takedown dikarenakan blunder. Akibat dari DMCA tersebut cache blog ini menjadi error dan juga banyak artikel yang hilang dari pencarian google. Tetapi setelah berkali-kali mengajukan complaint alhamdulillah sekarang semua artikel sudah terindex kembali.

Jadi jika blog kalian mengalami masalah pada cache blog dan juga dalam hal index artikel juga mengalami masalah dan juga banyak artikel yang tidak terindex itu adalah urusan anda dengan google mungkin karena terkena hukuman DMCA Takedown, Google Penguin, Google Dance dan hukuman google lainnya.

Berikut ini cara mengatasi cache blog yang error sedangkan dalam hal index tidak mengalami masalah :
1. Buka Gtmetrix dan masukkan URL blog kalian lalu cek.
2. Setelah itu di bagian Page Speed klik pada bagian Avoid landing page redirects
3. Maka biasanya tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :

avoid landing page redirect default
Shizenku.blogspot.com

4. Setelah melihat gambar di atas sekarang kita sudah tahu cache blog di redirect ke domain mana. Dari gambar di atas tertulis simopc.blogspot.com is a non-cacheable redirect to simopc.blogspot.ca
Jadi ketika kita melakukan cek cache dengan mengetikkan cache:simopc.blogspot.com hasilnya error 404 sedangkan jika kita mengetikkan cache:simopc.blogspot.ca hasilnya cache blog tidak error.
5. Supaya cache tidak redirect ke lokal domain tambahkan kode script berikut ini di atas kode </head> :
<script>
var blog = document.location.hostname;
var slug = document.location.pathname;
var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));
if (ctld != ".com") {
var ncr = "http://" + blog.substr(0,
blog.indexOf("."));
ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;
window.location.replace(ncr); }
</script>
6. Lalu klik simpan template.
7. Untuk memastikan cache sudah tidak redirect lagi. kalian buka Gtmetrix lalu cek blog kalian terus di bagian Avoid landing page redirects hasilnya adalah seperti ini :

avoid landing page redirect
Shizenku.blogspot.com

8. Lalu cek juga blog kalian dengan mengetikkan cache:urlblog di google. jika tidak error berarti selamat sekarang cache blog kalian tidak error lagi.

Catatan : Fungsi script di atas selain agar blog tidak redirect menuju lokal domain fungsi lainnya adalah meningkatkan pageview. Pageview meningkat karena jika blog kita di buka oleh orang dengan negara tertentu maka blog kita akan di redirect menuju lokal domain sebagai contoh domain .ca adalah domain untuk negara Canada. jadi jika sebelum memasang script di atas url blog shizenku.blogspot.com di buka oleh orang Canada maka akan redirect menuju shizenku.blogspot.ca sehingga pageview tidak bertambah. berbeda jika sudah memasang script di atas maka yang terjadi adalah sebaliknya yaitu jika ada orang yang ingin membuka shizenku.blogspot.ca maka akan di redirect menuju shizenku.blogspot.com sehingga Pageview akan meningkat. berlaku juga untuk domain lokal country lainnya.

Sampai di sini dulu ya sahabat. Semoga berhasil.

6 komentar : Mengatasi cache error 404 not found di blog

Diposting oleh 

Kalo begitu dg memasang skrip yg disebut di no.5 bisa ngatasin cache error, cegah pengalihan URL juga ningkatin page view, ya?

Diposting oleh 

@Dipo Dwijaya S : Betul sekali gan ,.makasih atas kunjungannya. ..

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

jangan menaruh link di komentar.. pleaase.. :D

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

iya terimakasih :D

Posting Komentar : Mengatasi cache error 404 not found di blog

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Lisensi Creative Commons
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML