Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Salah kaprah tentang URL yang dicekal

Pasti banyak orang yang salah kaprah tentang url yang dicekal. Banyak orang mungkin berpikir ketika melihat status url yang dicekal di halaman Alat Webmaster - URL yang Dicekal ternyata banyak sekali jumlahnya, sehingga pikirannya jadi tidak tenang dan selalu ingin mencari tahu kenapa url di blognya dicekal oleh robot google. Dan yang ada di pikirannya adalah artikel mana yang dicekal padahal sebenarnya yang dicekal itu bukan url postingan.

  Apa yang dimaksud dengan url yang dicekal ? jawabannya url yang dicekal adalah url yang tidak boleh diakses oleh file robots.txt sehingga konten tadi tidak akan diakses oleh Google atau mesin telusur lainnya.

Secara default settingan file robots.txt google adalah seperti gambar di bawah ini :

setting file robots txt default

Dari settingan di atas bisa kita baca :
/
Garis miring di atas bisa kita anggap sebagai url homepage shizenku.blogspot.com
Tetapi jika tanpa garis miring seperti di bawah ini berarti ditujukan untuk semua url termasuk url homepage shizenku.blogspot.com :
Disallow:
Allow:


Jadi jika ada kode setelah kode / seperti di bawah ini :
Disallow: /search
Artinya : tidak memperbolehkan merayapi url blog yang diikuti dengan search
contoh :
http://shizenku.blogspot.com/search/label/Tutorial
http://shizenku.blogspot.com/search/label/Games
http://shizenku.blogspot.com/search/label/Seo
dan lain-lain.

Fungsi kode Disallow: /search yang ada di settingan robots.txt yaitu untuk mencegah robot google merayapi url label dan archieve karena biasanya url label dan archive diawali dengan /search. Maka dari itu kalian jangan pernah mengutak-atik settingan robots.txt jika kalian belum paham bagaimana cara membaca settingan tobots.txt, saran dari saya yaitu biarkanlah settingan robots.txt berada di settingan default saja. Dan jangan pernah menghilangkan kode search dan merubahnya menjadi Disallow:   jika kalian melakukan hal ini maka yang baru saja kalian lakukan adalah kesalahan fatal, kalau tidak percaya silahkan tunggu sebulan dan silahkan cek di Tampilan penelusuran > Penyempurnaan HTML maka akan ada banyak sekali duplikat karena label dan archieve terindex. Silahkan cek di URL yang Dicekal jika ada jumlahnya itu malah bagus, lain halnya jika jumlahnya nol berarti semua url terindex termasuk url label dan archieve. Dan hasilnya banyak duplikat. Google sangat sensitif dengan yang namanya duplikat.

  Intinya adalah url yang dicekal hanyalah menunjukkan jumlah url yang dicekal di situs kita, jadi tidak terlalu membahayakan situs kita. Apakah kalian sudah paham atau malah masih bingung ? jika sahabat blogger merasa belum paham dan masih bingung, silahkan mengirim komentar melalui kolom komentar di bawah sendiri.

155 komentar : Salah kaprah tentang URL yang dicekal

Diposting oleh 

@Index Apk :sama-sama gan ,.trimakasih buat kunjungan perdanannya, .^_^

Diposting oleh 

saya juga pernah gitu mas, asal cekal aja :)
hasilnya, jumlah duplikat di penyempurnaan html webmaster tool bukannya berkurang tapi malah bertambah jadi ratusan, hehehe :)
makasih sharingnya ^_^

Diposting oleh 

@Indri Lidiawati : wah sama kalo gitu mbak ,.q juga udah punya pengalaman kayak gitu ,. maklum pas masih jadi newbie dulu tahun 2012, masih awal-awal ngeblog .he he. .

Diposting oleh 

Saya juga tidak pernah utak atik urusan robots.txt saya percaya dengan pengaturan defult dari google mengingat goole adalah pemiliknya.. hehehe thanks sob...

memang untuk pemula mungkin akan kebingungan hehe..
saya banyak sekali disallow nya gan supaya gk duplikat konten hehe :D

Diposting oleh 

@Adjie Umbara : ya bagus kalo gitu gan ,.he he

@Intan Sudibjo : asalkan settingannya bener gx masalah, .he he. .

Diposting oleh 

@Cara Ririn : Iya mbak,. Maka dari itu punya pengalaman sendiri lebih baik daripada bertanya kepada blogger lain.

Diposting oleh 

@Index Apk : Ok gan,. ditunggu aja artikel terbarunya, .he he

Diposting oleh 

@animovisia.com : kayknya sih cuma butuh waktu aja buat terindex, .supaya lebih cepat terindex agan bisa baca artikel yang berjudul 1 cara ampuh postingan terindex dalam waktu satu menit .. yg ada di archieve bulan september 2013

Setelah saya cek settingan robots.txt punya agan gx ada masalah yg menyebabkan url tidak terindex, kecuali jika agan melakukan pencarian artikel menggunakan hp,. soalnya disettingan robot agan ada kode Disallow: /?m=1 fungsi kode ini agar url blog di versi mobile tidak terindex ..

saya sudah cek beberapa artikel blog agan di blog search dan web search menggunakan pc udah terindex tuh, artikel terbaru yang berjudul Kuroko no Basuke Season 2 Episode 7 Subtitle Indonesia sudah terindex 5 jam yg lalu, . tetapi belum saya cek melalui hp, .

Iya sebaiknya memang belajar dari orang lain dan juga belajar untuk mempraktekkan nya juga ya mas. Jadi kalau mau buat posting tentang itu, sudah punya wawasan yang luaaaaaas hehe ;D

Diposting oleh 

@Wahyu Eka Prasetiyarini : Iya mbak ,.kalo mau belajar ma orang lain harus cari yg sudah terpercaya ,.he he. .^_^

Iya bener tuh, soalnya bahaya juga kalau belajar di blog yang isi nya hoaaax hehehe :D

kalau saya biasanya belajar di blog Trik Mudah SEO dan Buka Rahasia Blogspot mas hehe :)

Diposting oleh 

@Wahyu Eka Prasetiyarini : Iya nih ,.banyak banget blog hoax yg beredar he he. ,pada copas semua..

Diposting oleh 

@mysoftwared : Ok gan ,. makasih atas kunjungannya ..

Diposting oleh 

Jadi gimana mas solusinya supaya url yang dicekal tidak bertamabah terus? soalnya sy sering posting tp pas dicek di peta situs webmaster ga ke indek, malah yang bertambah di bagian url yang dicekal, mohon penjelaannya mas. Trima kasih.

Diposting oleh 

@Tonie Anwar : seperti yg sudah saya jelaskan pada artikel atas, url yg dicekal bukanlah url postingan tetapi url label dan archieve. saran saya robots.txt dibikin default saja. sedangkan untuk mengetahui postngan sudah terindex atau belum bukan dilihat melalui peta situs tetapi dengan cara melakukan pencarian langsung di google. untuk kata kunci di google search diisi dengan url postingan. jika setelah kita klik tombol cari tetapi tidak ada hasil berarti artikel belum terindex. agar artikel bisa terindex dengan cepat agan bisa baca artikel saya yg berjudul 1 cara ampuh postingan terindex dalam waktu kurang satu menit lihat diarsip blog bulan september. ^_^

~ maaf saya belum bisa blogwalking karena internet lagi down ~

Diposting oleh 

isi konten tidak bisa diakses melalui google << ini kan sama saja url postingan kita hilang dari google. maksudnya tidak muncul lagi, sehingga tidak bisa membuka isi konten dalam url tersebut. benar seperti itu????

Diposting oleh 

@wijaya rizky : bukan postingan gan, jadi gini jika archive tidak terindex maka robot google tidak bisa mengindex atau merayapi isi konten yang ada di url archive tersebut.
archive itu kan suatu direktori dan didalamnya ada link postingan. postingan sebenarnya sudah terindex, dan juga url postingan yg ada di archive terindex juga maka akan terjadi duplikat. untuk mengatasi duplikat tersebut maka url archive harus di bikin tidak terindex.

Diposting oleh 

jadi intinya.. url yang dicekal itu bahaya atau enggk gan?? atau malah bagus?? mohon pencerahannya gan ^^
soalnya punya saya hampir 400

Diposting oleh 

@budi: oohh seperti itu.. oia gan saya mw nnya lg. pertanyaannya ada di atas ni ^^

Diposting oleh 

wijaya rizky : url dicekal agar tidak terjadi duplikat content di search engine google.
semakin banyak url yg dicekal, gx ada masalah.

maaf baru bisa balas komen, karena baru pulang dari bekasi :D

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@mas mahmud : agan cek di peta situs, apakah url yg di index dan url yg terkirim jumlahnya sama. jika iya berarti tidak ada masalah.
jika jumlahnya tidak sama dan jumlah url yg diindex lebih sedikit berarti ada masalah. ^_^

Diposting oleh 

Makasih balasannya. Saya lihat jumlah url yang terkirim dengan yang terindex adalah sama, terus kira-kira apa masalahnya ya gan ?, kok sebegitunya traffik turun drastis :),

Diposting oleh 

@mas mahmud : kalo masalah trafik turun drastis saya tidak tahu gan. :D

Diposting oleh 

Slamani q salah gan, pantas memang tage duplikat blog ane ampek 530.! thax pencerahannya gan...

Diposting oleh 

@farid elly : sama-sama gan, sukses selalu he he he ^_^

Diposting oleh 

Terima kasih mas, postingannya sangat membantu saya yang sedang bingung bagaimana cara mengisi robots.txt.

Diposting oleh 

@Attur Muddatsir : sama2 gan ^_^

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@Reginald alvin : kode search jangan dihapus yah, kalo newbie pake settingan default aja he he ^_^
oke nanti ane kunjungin balik. :D

Diposting oleh 

Mampir lagi ni gan, maaf mau tanya, gimana solusinya jika URL yang terkirim tidak sama dengan URL yang terindex di GWT tu, langkah apa yg harus ane lakukan agar URL yg terkirim sama dengan URL yg terindex. Makasih sebelumnya gan.

Diposting oleh 

@mas mahmud : ditunggu aja gan, beberapa hari kemudian insyaallah udah terindex semua :D
kalo udah seminggu gx ada peningkatan berarti ada masalah seperti terkena hukuman google atau masalah di dalam blog itu sendiri :Peace:

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@aji darmawan : ehm ditunggu aja gan, nanti juga bakalan terindex semua :D
Ok gan, silahkan kalo mau cari backlink asalkan tidak berupa link aktif yah, pake tulisan juga tetep dapet kok backlink teks-nya ^_^

Saya juga salah kaprah juga niiii.

Diposting oleh 

@Maseus Shant : ya sama kalo gitu :D

Diposting oleh 

Makasih infonya min.
Min, saya ingin bertanya ni tentang URL yang dicekal. Dari beberapa artikel sebelumnya yang pernah saya baca, bahaya URL yang dicekal ialah menurunkan visitor pada blog kita. Benar atau tidak pendapat tersebut min ?

Diposting oleh 

@hendra frans : ya kalo yang dicekal adalah url postingan atau artikel. kalo yg dicekal adalah url archieve, dll saya rasa gx akan ada masalah dan jumlah pengunjung insya allah tetap ha ha :D
kalo gx bisa utak-atik robots.txt mending nggak usah aja. biarkan default aja. he he ^_^

Diposting oleh 

Sempat bingung..Untung ada shizenku yg udah ngasih penjelasan mudah dimengerti. Makasih infonya mas, sangat membantu. Tapi ada yg masih jd pertanyaan, knp blogku masih ada aj duplicat description di penyempurnaan html-nya y mas? kadang berkurang, kadang bertambah lg, knp y?

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@Laisaw Sam Sawipung : deskripsi terjadi duplikat itu karena ada beberapa halaman yg meta content description-nya sama.
cara mengatasinya dengan mengatur meta content, coba baca artikel dibawah ini gan :
Membuat deskripsi menjadi berbeda supaya duplikat

@aji darmawan : agan ngerti apa itu backlink atau tidak ?
jika tidak tahu, oke ane beritahu he he. ..
Backlinks adalah link yang terdapat di situs lain dan diklik oleh pengunjung, sehingga pengunjung tersebut mengunjungi situs sobat.

jikalau agan kurang mengerti dengan penjelasan saya diatas, ok saya kasih contoh kasusnya lihat dibawah ini :
seorang blogger menanam link di blog/website lain dengan cara berkomentar dengan Name/URL atau OpenID atau dengan menuliskan URL link di komentarnya langsung ( kalo yang ini saya tidak menyarankannya karena rentan ditandai sebagai spam ). nah sampai di sini apakah pemilik blog tadi sudah mendapatkan backlink ? jawabannya belum.
tetapi apabila ada seseorang yang melakukan klik terhadap link yg tertanam di situs lain tadi, maka blogger tadi barulah mendapat backlink alias jumlah backlink-nya bertambah satu. apabila ada orang lain lagi yang mengklik link tadi maka bertambahlah satu lagi jumlah backlink-nya dan seterusnya.
jadi kesimpulannya kita bisa mendapat backlink apabila ada orang yang mengklik link yang kita taruh di situs lain, jika tidak ada yang mengklik link tadi maka jumlah backlink untuk situs kalian tidak akan bertambah.

semakin banyak backlink semakin besar kemungkinan untuk kita buat menaikkan pagerank situs web kita. itupun kalo backlinknya berkualitas, backlink berkualitas bisa didapat dari situs/blog dofollow atau situs dengan domain .edu, .gov, dll. dan juga dari situs yang pageranknya tinggi.
kalo agan mengecek pagerank blog shizenku ini hasilnya Pagerank 0, karena backlink blog ini sedikit. itu karena saya sengaja tidak berniat mencari backlink. tetapi coba anda cek blog-blog yang pagerank-nya tinggi, kemungkinan besar jumlah backlink yang mereka punyai sangat banyak sekali.

Diposting oleh 

wah,, sangat membantu banget gan..bagi ane yang newbie ini.. hehe
soalnya yang lain juga banyak yang menyarankan untuk menghapus /search gan..
dan mungkin yang masih jadi tanda tanya gan,
banyaknya url yang dicekal apakah ada dampak yang negatif bagi blog kita gan?
terima kasih.. (maaf agak bertele" gan) :D

Diposting oleh 

@fafa efel : Ok gan, .. .
tidak semua url yang dicekal itu berdampak negatif bagi blog kita. . kalo agan menggunakan setinggan default robots.txt dari blogger. url yang dicekal tersebut adalah url label dan archieve, google menyarankan untuk mencekal url label dan archieve agar tidak terjadi duplikat. . selesai.. ^_^

Diposting oleh 

hohoho,,, okay,, tengkyu gan.. jaya terus dah.. (y)

Diposting oleh 

@fafa efel : Ok gan, . makacih atas supportnya :D

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@fafa efel : Ok gan, . di tunggu yah :D

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@Kawan Kurnia : settingan robots.txt punya agan sudah saya cek, . tidak ada masalah. ..
jangan dihapus ya gan kode search-nya. . ntar timbul duplikat lho. .
percaya deh sama ane, ane orangnya baik .. gx pernah nipu menipu.. menipu dosa lho. . ^_^

kalo gx percaya coba aja sendiri gan, . ente hapus kode search-nya trus sebulan kemudian ente cek di webmastertool > Tampilan penelusuran > Penyempurnaan HTML. nanti ane jamin bakalan tambah banyak duplikat-nya ha ha ha. . :D

Diposting oleh 

waduh jadi bingung juga nich saya,ternyata setiap blog beda2 ya gan,izin coba dulu mas tips nya,maklum gan masih belajar ngeblog,salam kenal

Diposting oleh 

@kadut hokcay : Ok gan,.. :D
:salaman

Diposting oleh 

@pelangsing alatbantu : udah ane cek, tapi itu settingan robots.txt di wordpress yah,.. ?
kalo wordpress ane kagak ngerti gan,. kalo blogspot ane paham,.. he he :Peace:

gini lho gan,.. agan gx usah khawatir dengan yg namanya url yang dicekal,. karena semakin lama semakin banyak artikel semakin bertambah pula jumlah url yang dicekal,.. tetapi saya berani menjamin bahwa url yang dicekal bukanlah url artikel melainkan url seperti label dan archieve,..
yang perlu agan khawatirkan yaitu apakah ada duplikat di webmastertool > Tampilan penelusuran > Penyempurnaan HTML
jika hasilnya tidak ada duplikat berarti tidak ada masalah alias website agan aman-aman aja,.. :D
tadi saya mengecek blog saya di penyempurnaan html dan hasilnya seperti di bawah ini :

Penyempurnaan HTML

Terakhir diperbarui 10 Apr 2014
Kami tidak mendeteksi masalah konten dalam situs Anda. Saat kami menjelajahi situs Anda, kami memeriksa untuk mendeteksi potensi masalah pada isi laman, termasuk tag judul atau deskripsi meta yang bermasalah, hilang, atau rangkap. Masalah ini tidak akan menghalangi munculnya situs Anda dalam hasil penelusuran Google, tetapi dengan memberi perhatian kepada masalah tersebut dapat memberi Google informasi lebih lengkap dan bahkan membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Misalnya, teks judul dan deskripsi meta dapat muncul di hasil penelusuran, dan teks yang berguna dan deskriptif lebih mungkin untuk diklik oleh pengguna. Informasi lain

Diposting oleh 

cakkkkkeeepppppp niiiiii artikellll.........??? ajibbb...ane suka.thanks yah

Diposting oleh 

@peri darmawan : sama-sama gan,.. thankx juga,.. :D

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

@AJI DARMAWAN : sama-sama gan,.. :D

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Padli Enginer : Ok gan,.. sama-sama :salaman

Diposting oleh 

baru cek ternyata 450an lebih dicekal, dan nyoba buat menghapus /searc.
smoga bisa membantu..... dan masih coba2 caranya. . . . . .

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Zaenal Abidin : /search jangan dihapus gan,.. :capedeh

Diposting oleh 

sip Gan,thanks pencerahanx,Tadix Gw jg mikirx gtu,alis salah kaprah tntng URL dicekal....skalian mo tax Gan,gmna cara ngatasi duplikat meta ganda?....Gw mo coba ngapus tag ganda tsb di webmaster tp takut kalo ntar stelah d hapus url tsb gk di index google lg?kira2 apa bisa terindex lg Gan y Url yg tlah kita hpus td stelah tag gandax kita rubah..????

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@aal otin : jika ada duplikat meta tag di webmastertool,.. berarti itu cuma masalah pengaturan tag meta deskripsi, judul, keyword yg belum benar.... :D
itu url jangan dihapus,.. buat mengatasinya cukup mengatur settingan meta tag di kode html dengan benar..

ini adalah settingan tag meta yg ane gunain di blog ini :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.title/></title>
<meta content='Tutorial SEO, Tips dan Trik, Info menarik, Panduan dan cara bermain game pc, artikel populer, blogging' name='keywords'/>
<meta content='Selamat datang di Blog Shizenku yang membahas seputar Panduan SEO dan Gaming, Tutorial Blogging, Tips n Trik, dan info menarik lainnya.' name='description'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - Halaman statis &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='keywords'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - Halaman statis &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='description'/>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='keywords'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='description'/>
</b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title>Blog Shizenku - Mobile</title>
<meta content='Shizenku Mobile, Tutorial seo, Info menarik, Panduan dan cara bermain game pc, Tips dan trik blogging' name='keywords'/>
<meta content='Blog Shizenku - Mobile merupakan versi mobile dari blog Blog Shizenku yang membahas seputar info unik dan menarik lainnya' name='description'/>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> ~ <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; ~ &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='keywords'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; ~ &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title' name='description'/>
</b:if>
</b:if>

Diposting oleh 

owh gitu Gan y...sngat masuk akal Gan,coz Gw pakek domain XTGEM,jd masukin metanya scara manual,maksudx sih biar lebih seo..hihihihi....gk taux malah bermasalah..
brarti,tinggal edit meta deskripsinya aja Gan y,gak perlu ngotak ngatik webmaster lg....?kalo meta deskripsi dah d rubah brarti duplikat gandanya otomatis hilng dri index google...gtu Gan..???...ok deh,langsung praktek...ntar kalo masih bermasalah Gw ngadu kmari lg...bantu'in Gan y... :D

Diposting oleh 

@aal otin : ya intinya kalo ada duplikat misalnya di bagian deskripsi, maka cara mengatasinya meta tag deskripsi di semua halaman dibikin berbeda gitu... biar gak duplikat :D

Diposting oleh 

sangan membantu sekali. nuwun,

Diposting oleh 

@Yuni andriyani : sama-sama mbak,... :)

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

saran saya nih gan,. kalo agan tidak mengerti cara menyetting robots.txt gak usah di apa-apain, biarkan default aja,.. :)
itu url bagian postingan kan,. jangan dicekal gan,.. nanti postingannya gak terindex.. :takut

Diposting oleh 

Berarti selama ini kita salah menggunakan robot.txt itu dong :hah: Terimkasih gan atas pencerahannya ^_^

Diposting oleh 

sama-sama gan,... :D

Diposting oleh 

Matur nuwun pencerahanya..

Diposting oleh 

nggih samai-sami... matur suwun sampun mampir enten mriki.. :D

Diposting oleh 

kayaknya ane mau buktiin sendiri gan,,, Search sudah ane hapus gan... penasaran gan, jadi ane coba nerapin dibLog kesayangan ane Langsung,,, hehe

Diposting oleh 

silahkan om, he he,.. :D
Dissalow: /search fungsinya untuk mencegah robot merayapi url label..
selain menggunakan settingan robots.txt kita bisa juga menggunakan settingan meta tag robots..
contoh : <meta content='noindex, nofollow' name='robots'/> yang hanya ditampilkan dihalaman label dan archive, sedangkan di halaman homepage, postingan, halaman statis tidak ditampilkan,. :Peace

Diposting oleh 

wah hampir saja saya hilangkan Disallow: /search thanks infonya gan

Diposting oleh 

sama-sama gan,.. :D

Diposting oleh 

komen perdana gan.. ternyata gitu ya ? tapi banyak tutor di google mengatakan cara mengatasi url dicekal dengan menghapus disallow :/ search jdi disallow: saja untung deh baca artikel ini meskipun sudah kena cekal 23 tapi nggak tau mana yang dicekal huhu

Diposting oleh 

sama-sama gan,... :cool:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

alhamdulillah kalo gitu... :D

Diposting oleh 

baru baca ini langsung saya seting default

makasih mas..
tapi saya bingung, saya ada blog lama tahun 2010, posting cuma 2 artikel, lalu saya tambah 1 artikel lagi.. pengunjung perhari rata2 500-600
lalu saya semangat menulis artikel berikutnya, hingga 28 artikel. berharap trafiknya ribuan.. eh lha kok malah tinggal 100 viewer per hari?
tambah banyak postingan kok tambah turun, cek url yang tambah banyak seiring tambah banyaknya artikel..
ntah saya bingung kenapa kok tambah banyak posting, tambah banyak yang dicekal, dan trafik turun.
saya tak pernah spamming, backlink satu dua, hanya share medsos saja, itupun tidak semua artikel baru.

Diposting oleh 

apakah postingan berikutnya tersebut kualitasnya bagus.. ? :D
apakah settingan canonical URL udah baik.. ?

Diposting oleh 

gitu toh, sempet khawatir yg berlebihan ane :D

Diposting oleh 

nyantai aja gan,.. :cool:

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

kayaknya tag deskripsi di blog agan belum ada, atau mungkin sudah dihapus..

coba pakai settingan tag title, tag keyword, dan tag deskripsi dari ane gan.. :D
ini kode yg ane gunain di blog ane shizenku ini gan.. :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><title><data:blog.title/></title><meta content='Tutorial SEO, Tips dan Trik, Info menarik, panduan dan cara bermain game pc, artikel populer, blogging' name='keywords'/><meta content='Selamat datang di Shizenku Blog yang membahas seputar Panduan SEO dan Gaming, Tutorial Blogging, Tips n Trik, dan info menarik lainnya.' name='description'/><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><title><data:blog.pageName/> - Shizenku Blog</title><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - halaman statis, page static, laman, shizenku versi desktop, shizenku blog, informasi unik, dan menarik lainnya.&quot;' name='keywords'/><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - merupakan salah satu halaman statis yang ada di shizenku blog yang membahas tentang informasi unik populer dan menarik lainnya.&quot;' name='description'/><b:else/><title><data:blog.pageName/> - Shizenku Blog</title><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - shizenku blog, halaman blog, informasi unik, populer, terbaru, dan menarik lainnya.&quot;' name='keywords'/><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - saat ini anda sedang membaca halaman yang berjudul &quot; + data:blog.pageName + &quot; yang ada di shizenku blog.&quot;' name='description'/></b:if></b:if>

catatan : kode yang ane bikin tebal dan miring diatas silahkan diganti dan usahakan panjang karakternya sama (lebih dikit jg gak masalah).. ^_^

setelah itu cari semua kode <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> lalu ubah jadi <link expr:href='data:blog.canonicalUrl' rel='canonical'/> :)

ane baru pertama kali masuk di pengaturan yang kaya gitu gan, whe, masih newbie juga, , , langsung searching, ketemunya web agan. akhirnya tercerahkan. hehehe
thanks gan

Diposting oleh 

oke gan,.. makasih :D

Diposting oleh 

mohon bantuannya blog saya di google webmaster mengalami kesalahan hilang update dan hilang author mencapai ratusan,, itu carta mengatasinya gmn ,, tolong yang bisa minta bantuannya

Diposting oleh 

url blognya mana gan,. biar ane cek.. :cool:

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

coba diperjelas gan,.. pesan lengkap error hilang update dan author nya kayak gmana.. ? :bingung:

Diposting oleh 

kayaknya ada yg error tuh dengan templatenya...
coba cari semua kode <br> lalu hapus kodenya..
cari lagi semua kode </br> lalu ganti semuanya dengan <br/>
nb : jgn lupa backup dulu templatenya sebelum menyimpan.. :)

Diposting oleh 

udah,, terus apa lagi gan,,
Duplikasi deskripsi meta 48
Deskripsi singkat meta 129
Tag judul duplikat 51

Diposting oleh 

oke sip,. step yg ane kasih udah ente jalanin... :thumbup
seharusnya error di webmastertool muncul juga di rich snippet..
sebelumnya tadi ane cek gak keliatan erronya, skarang udah muncul errornya di rich snippet.. :D

Oke.. sekarang ada 3 errror terdeteksi di rich snippet :
1. Kesalahan: Missing required field "entry-title".
2. Kesalahan: Missing required field "updated".
3. Kesalahan: Missing required hCard "author".

1. cari kode <div class='item-title'> lalu ganti dengan <div class='item-title entry-title'>
2. dan 3. cari kode h-feed dan hentry lalu hapus kodenya..

kalo masih error silahkan komen lagi.. ntar ane cek.. :cool:

Diposting oleh 

thanks gan sudah teratasi yang untuk tiga kesalahan nya,, cuma sekarang yang item dengan kesalahan masih banyak banget totalnya 876 item dengan kesalahan yang berada di data terstruktur :bingung:

Diposting oleh 

kemungkinan itu masalah settingan tag meta nya gan,.. seperti error duplikat deskripsi, dll.

cara mengatasinya ya dengan mengatur settingan tag meta gan.. baca artikelnya disini membuat judul, keyword, deskripsi menjadi berbeda :)

Diposting oleh 

terima kasih gan, masalah sudah teratasi,, sekarang kesalahannya sudah mulai berkurang :thumbup

Diposting oleh 

sama-sama gan.. alhamdulillah. :-bd

Diposting oleh 

ente emang bener, webmaster tool bikin pusing

Diposting oleh 

kalo yg dah paham sih, ane rasa gak bikin pusing gan... :ngakak:
intinya sih URL yg dicekal itu cuma sebagai pemberitahuan aja sih.. tentang berapa jumlah url yg dicekal dengan robots.txt :D
jadi kalo semua artikel nya terindex ya gak perlu cemas... ^_^

Diposting oleh 

info bagus ini mas, sukses selalu :)

Diposting oleh 

oke sip,. semoga bermanfaat mas Opung :)

ngikut nyimak gan.. hampir aja ane tergoda otak-atik settingan robot robot.txt gara gara galau liat url yg dicekal hmpir sama jumlahnya ma artikel yg ke indeks hbs di blog lain pada nyuruh otak-atik tuh settingan robot(kalo otak-otak sih enak :D ) untung aja ktemu ma blog agan :) newbie gan jd masih "oon :-D
Gan... ada saran buat ngatasi duplikasi metra deskripsi nggak gan.pas ane cek kok ada 4 maksudnya apaan yah...? makasih sebelumnya gan...

Diposting oleh 

dplikat meta deskripsi berarti ada meta deskripsi yang isinya sama persis..
cara mengatasinya ya dengan mengatur meta description di dalam kode html :D

Diposting oleh 

makasi mas, dengan membaca post ini lebih mengerti tentang url yang dicekal itu>:)

Diposting oleh 

sama-sama gan..he he :D

Diposting oleh 

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Diposting oleh 

gak perlu khawatir... yg penting artikel terindex :D

Diposting oleh 

pertama kali ngeblog yang jadi fokus utama saya adalah robot teks..banyak tutorial di luar sana yang bikin saya bingung..namun setelah saya baca tulisan ini dan setting robot text pada setelan default...webmaster tool saya aman2 saja...thank ya infonya salam kenal

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

sama-sama gan... semoga agan dah dahapam cara penggunaan robots.txt :D

Diposting oleh 

terima kasih gan ... hampir saja .. saya mau utak2 atik itu robot ... silaturahmi ke tempat saya gan ...
http://mp3-laguindonesia.blogspot.com/

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

sama-sama gan...

mas tolong mampir ke helaman ane,dan sekalian dicek kesalahannya apa.... semenjak ganti domain,dan juga template jadi turun drastis bgt .....ni alamatnya www.karyamandirisofa.com .. sebelmunya terima kasih dan ditunggu info selanjutnya.

Diposting oleh 

settingan robot saya cek tidak ada masalah..
coba tambahkan atau copy kode di bawah ini :
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

lalu taruh kodenya di bawah kode <head> atau di atas kode </head>
lalu tunggu beberapa hari.. itu untuk mengatasi error duplikat url desktop dan mobile..
coba di screenshoot,, errornya apa saja.. kirim ke email pembela.allah@gmail.com

Diposting oleh 

Punya saya seperti ini gan, apakah ada masalah

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search


Sitemap: http://www.about-hidupsehat.com//feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Diposting oleh 

gak ada masalah..
btw, itu di bagian sitemap kayaknya kelebihan satu tanda slash ( / ) sebelum feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Diposting oleh 

Terima Kasih Sebelumnya Admin. . .

mau nanya nih. . di status index aku terdapat 103 yang terindex tetapi ada 5 yang di cekal oleh robot. .
kira-kira seperti ini lah bentuk robots.txt yang saya punya :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://my-mediakes.blogspot.com/sitemap.xml

kalau kemungkinan ada kesalahan yang mengakibatkan hal tersebut terjadi kira-kira lataknya ada dimana ya. . ?

Terima kasih sebelumnya admin mohon solusinya.

Diposting oleh 

gak ada masalah kok.. itu ada yg dicekal karena ada settingan Disallow: /search
gak apa-apa kok.... :)

Diposting oleh 

saya kira url yang di cekal robot.txt itu url yang bermasalah.. hahah ternyata cuman dugaan gw doang :D sekarang sudah plong jadinya.. nice post..

Diposting oleh 

sama-sama bro.. good luck :D

akhirnya jadi tahu kalau itu sekedar info dr webmaster sj

Diposting oleh 

iy gan... trimakasih atas kunjungan n komennya... :3

Diposting oleh 

oh gitu ya gan, berarti biarin aja kayak gitu ya?

http://androdoctor.blogspot.co.id

Diposting oleh 

ya... biarin aja gan.. ^__^

Diposting oleh 

kalo punya saya yang dicekal sama yang terindex banyakan yang dicekal

Diposting oleh 

emang biasanya di blogspot gitu.. :D

Untung Ketemu Blog ini mas... alahamdulillah
sebelumnya udah panik lihat webmaster www.makananlampung.com

Diposting oleh 

woles aja gan... :)

Diposting oleh 

Mas gimana caranya mengatasi data struktur di webmaster dengan item kesalahan pada Tag Label hilang Author dan Updated ? Soalnya saya sdh beberapa cara tapi hasilnya tetap amsih ada kesalahan pada Item Laman ( Lebel ) Yang Hilang Author dan Updated .

Diposting oleh 

pasang tag struktur author dan updated :

<div class='post-author'><span><data:top.authorLabel/></span>&#160;<span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/Person'><a class='url' expr:href='data:post.authorProfileUrl' expr:title='data:post.author' itemprop='url'><span itemprop='name'><data:post.author/></span></a></span></div>

<span class='updated'><data:post.timestamp/></span>

Diposting oleh 

luar biasaa gan..mata ane sampe kendor gan nyari masalah robot.txt ini ga ke index sedihhh

Diposting oleh 

yg mana yg ga ke index gan ..??? O.o

Diposting oleh 

Untuk Meletakan kode ini lebih tepat di kode html bagian apa mas ?
soalnya link google+ saya & utk updated postingan berada di pos meta .

Diposting oleh 

kalo di halaman postingan gak ada error berarti sudah dipasang gan... kalo di halaman label ada error author dan updated berarti kode struktur yang sudah ada tadi diatur agar tidak tampil di halaman label ..

Diposting oleh 

saya kurang paham gan, jadi bingung, url dicekal di blog saya semakin hari semakin bertambah, apa ada dampak negatifnya? terus cara lihat url apa saja yang dicekal gimana ya?

terima kasih

http://www.ngakses.com

Diposting oleh 

kalau semua postingan terindex di pencarian google dan gak ada masalah saat pengindexan di pencarian google..

maka gak usah khawatir.. lanjutkan bikin postingan gan.. :)

Diposting oleh 

aku coba cek di penguji robot hasilnya 0 Kesalahan
0 Peringatan, google struktur pun mulus makanya bingung..
makasih ilmu nya om, sukses trs

Diposting oleh 

smoga sukses juga buat kamu.. :)
btw, ane blom om om .. :3

Diposting oleh 

saya sempat panik url di cekal tp ketika saya baca artikel ini akhirnya saya lega. Tp untuk selanjutnya apakah artikel / url di blog saya tidak lagi di index oleh google ?

dan apa yang harus saya lakukan agar google mengindex dan tidak mencekal blog saya ?

mohon pencerahannya ?? karena masih newbie
terimakasih sebelumnya.

kalau boleh berkenan mohon di lihat blog saya.
semoga tidak jadi link aktif

tokobangunan-cpp.blogspot

Diposting oleh 

kan bisa di cek melalui dashboard webmastertool .. apakah url yang dicekal adalah url artikel atau bukan.. :D
kalau bukan url artikel ya tidak usah khawatir..

yg penting artikel terindex dengan sempurna di pencarian google.. :)

bisa di cek di google dengan mengetikkan kueri site:alamatlengkapblog

Diposting oleh 

aye url terkirim dan terindeks tidak sama gan, jadi masalahnya dimana ya?

Diposting oleh 

di tunggu saja.. kalo bebera minggu masih begitu, berarti ada masalah..

jadi gitu thoh. huhu. jadi kalau postingan saya dicekal 44 gak apa2 akn? gak bahaya buat blog? masih pusing :D

Diposting oleh 

artikel-nya terindex google nggak ?
kalau terindex ya gak ada masalah.. :3

Diposting oleh 

trus kalo sudah terlanjur gimana mas dibiarkan saja atau gimana tambah bingung nih

www.stiq-annur.ac.id

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

biarkan saja, selama artikel terindex di google maka tidak perlu khawatir.. ^__^

Diposting oleh 

Blog ane banyak sekali yang dicekal robot, hammpir 50 % nya, apakah ini berpengaruh pada trafik blog gan ?

Diposting oleh 

trafik blog mungkin tergantung juga pada algorithma google
untuk url di cekal mungkin bisa diabaikan dulu..
sebisa mungkin perbaiki error yang ada di webmastertool

Diposting oleh 

wah manfaat banget gan artiketlnya....ane baru aja latihan blogging, udah 9 postingan eh yg ke indeks cuman 1 wkwk
sempet pengen utak atik juga sih...untung nemu artikel ini :D
dan yg aneh ya itu, dari 9 artiket yg ke indeks cm 1 padahal semua URL aman jaya sentosa ane cek

Diposting oleh 

di tunggu aja gan selama beberapa hari.. nanti pasti terindex semua :)

Diposting oleh 

mas, saya sudah melakukan hal diatas, namun URL yang di cekal setiap x saya membuat artikel baru, malah bertambah URL yang dicekal, brapa lamakah menunggu URL yang dicekal bisa pulih?

Diposting oleh 

artikel nya terindex di google apa tidak ?
jika terindex, ya sudah tidak usah khawatir.. kemungkin besar url yang dicekal tersebut bukan url artikel..
jadi tidak usah di pikirkan.. fokus saja membuat artikel baru :D

Diposting oleh 

membantu sekali gan,,thanks

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

terima kasih juga atas komentarnya,.. ^_^

Posting Komentar : Salah kaprah tentang URL yang dicekal

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Lisensi Creative Commons
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML