Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Mengatasi widget ikuti lewat email blogger yang tidak valid HTML5

Halo sobat sudah dua hari ini saya tidak posting nih, he he he... soalnya admin sedang sibuk mengedit template blog ini. Nah, untuk tutorial kali ini admin akan membagikan sebuah artikel yang berjudul cara membuat widget contact form bawaan blogger menjadi valid HTML5. Sebelum kita melanjutkan artikel saya akan memberikan informasi bahwa artikel ini di tujukan untuk sahabat blogger yang sudah memasang widget follow by email di blognya, tetapi untuk sobat blogger yang tidak atau belum memasang widget follow by email ini dipersilahkan untuk menyimak saja. Okelah kalau begitu, kita lanjutkan postingnya.

Jika sahabat bloger sudah memasang widget follow by email ini maka biasanya setelah dicek di w3c validator hasilnya akan ada dua error. Berikut ini dua errornya yaitu :
1. The width attribute on the table element is obsolete. Use CSS instead. <table width='100%'>
Artinya : Atrribut width di dalam elemen table tidak diperbolehkan. Solusinya harus menggunakan css.
2. The width attribute on the td element is obsolete. Use CSS instead. <td width='64px'>
Artinya : Atrribut width di dalam elemen td tidak diperbolehkan. Solusinya harus menggunakan css.

Jika masih belum paham dengan pengertian di atas sahabat blogger bisa bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Sedangkan untuk cara mengatasinya sangat mudah sekali. Sahabat bisa membaca panduan lengkap cara mengatasinya di bawah ini, silahkan disimak baik-baik ya.
Caranya adalah kita harus memindahkan attribut width yang semula berada di dalam elemen table, sekarang kita pindahkan ke dalam elemen head tepatnya di dalam kode css.
1. Pertama kalian harus login terlebih dahulu menuju blogger
2. Kemudian kalian klik menu template
3. Kemudian menuju menu edit html
4. Setelah itu kalian tambahkan kode di bawah ini ke dalam kode css :
table{width:100%;}
td{width:64px;}
5. Setelah itu kalian cari dua kode di bawah ini :
  • <table width='100%'>
  • <td width='64px'>
6. Setelah kode di atas sudah ketemu, lalu kalian ganti dengan kode di bawah ini :
  • <table>
  • <td>
7. Kemudian kalian cari semua kode di bawah ini dan hapus kodenya :
<b:include name='quickedit'/>
8. Maka contoh hasilnya akan terlihat sama persis seperti di bawah ini :
   <b:widget id='FollowByEmail1' locked='false' title='Follow by Email' type='FollowByEmail'>
    <b:includable id='main'>
  <b:if cond='data:title'><h3><data:title/></h3></b:if>
  <div class='widget-content'>
    <div class='follow-by-email-inner'>
      <form action='http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify' expr:onsubmit='&quot;window.open(\&quot;http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=&quot; + data:feedPath + &quot;\&quot;, \&quot;popupwindow\&quot;, \&quot;scrollbars=yes,width=550,height=520\&quot;); return true&quot;' method='post' target='popupwindow'>
        <table>
          <tr>
            <td>
              <input class='follow-by-email-address' name='email' placeholder='Email address...' type='text'/>
            </td>
            <td>
              <input class='follow-by-email-submit' type='submit' value='Submit'/>
            </td>
          </tr>
        </table>
        <input expr:value='data:feedPath' name='uri' type='hidden'/>
        <input name='loc' type='hidden' value='en_US'/>
      </form>
    </div>
  </div>
  <span class='item-control blog-admin'>
  </span>
</b:includable>
  </b:widget>
9. Terakhir yang harus dilakukan, kalian hanya perlu mengklik menu simpan template.

Silahkan dicek hasilnya di w3c validator apakah masih ada errornya ? Jika masih ada silahkan berkomentar nanti akan saya cek. Sampai sini dulu ya sobat. Sekian dari saya dan selamat mencoba.

8 komentar : Mengatasi widget ikuti lewat email blogger yang tidak valid HTML5

widget ini berguna untuk memudahkan pngunjung untuk berlangganan update terbaru blog kita. Tapi malah blog saya tidak pasang hehehe :D

blog ini loading nya ringan baget. jadi betah berlama-lama disini nich ^^

kalau blog saya gimana mas, loading nya berat nggak mas? wkwwkkwk tolong dijawab jujur ya :)

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Wahyu Eka Prasetiyarini : kalo mbak maksa saya bilang jujur, .ya saya jawab masih berat blognya, .soalnya inet saya lelet . .

blog ini loadingnya cepat ,.itu karena HTML5. .pada saat ngedit html trus pas klik simpan template cuma butuh waktu satu detik doang, .he he cepet kan.. .
walaupun banyak blog sudah mengganti xhtml menjadi html5, saya belum yakin fitur html5 sudah bisa dinikmati, . karena yg paling penting adalah penerapan elemen-elemen html5 sudah terpasang dengan benar apa belum, .
untuk tutornya saya belum buat nih ,.he he
lagi males. .

Diposting oleh 

Padahal kesalahannya sepele ya sob, jadi berantakan juga

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Didi Wirawan : Iya nih sob ,.1 error saja sangat berpengaruh dalam pengindexan google,.

Diposting oleh 

saya lagi penasaran dengan validasi HTML 5, makanya saya mampir kesinih pengen tau apa seh sebenernya HTML 5 itu

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Cilembu thea : trimakasih gan sudah mampir dimari,. ^_^

HTML5 adalah struktur HTML yg terbaru dan merupakan penyempurnaan dari HTML yang sebelumnya yaitu HTML4 pada tahun1997.. dan sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan. .

iya nich kayaknya blog saya berat loading nya, soalnya banyak iklan wkwkwkwk :D Tapi lumayan dech untuk pemasukan hehhee :D

yang paling berat lagi ada iklan widget facebook like box hmmmm Itu yang bikin berat blog saya hmmm :)

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

@Wahyu Eka Prasetiyarini : Iya nih mbak loadingnya lama ,.apalagi pas servernya lagi down ..ehm ,capedeh.

Posting Komentar : Mengatasi widget ikuti lewat email blogger yang tidak valid HTML5

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML