Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Membuat judul, deskripsi menjadi berbeda supaya tidak terjadi duplikat

Pada artikel SEO kali ini admin akan berbagi tips baru nih. Sobat cek dulu di webmastertool > Penyempurnaan HTML, apakah ada duplikat judul dan deskripsi di blog kalian. Jika ada, berarti anda telah membaca artikel yang tepat. Karena di dalam artikel ini anda akan diberikan tutorial atau panduan lengkap tentang cara mengatasi duplikat tag judul, tag keyword dan tag deskripsi pada penyempurnaan html di dalam webmastertool.

Deskripsi Meta Tag
Duplikat deskripsi meta = Meta deskripsi terjadi duplikat karena antara halaman satu dan halaman lainnya meta content deskripsinya ada yang sama persis.
Deskripsi meta panjang = Meta deskripsi terlalu panjang karena isi di dalam meta content deskripsi terlalu banyak.
Deskripsi singkat meta = Meta deskripsi terlalu pendek karena isi di dalam meta content deskripsi terlalu sedikit.

Title Tag
Tag judul yang hilang = Tag judul tidak ada karena mungkin belum terpasang.
Tag judul duplikat = Tag judul terjadi duplikat karena antara halaman satu dan halaman lainnya title tag nya ada yang sama persis.
Tag judul panjang = Tag judul terlalu panjang karena isi di dalam title tag terlalu banyak.
Tag judul Pendek = Tag judul terlalu pendek karena isi di dalam title tag terlalu sedikit.
Tag judul tidak informatif = Tag judul kurang bagus karena mungkin tidak sesuai dengan isi artikel.

Bagaimana cara mengatasi duplikat ?
Seperti yang kita ketahui bahwa dupilkat bisa diartikan sebagai sesuatu yang sama atau double. Nah, mungkin banyak orang yang masih berpikir bagaimana cara mengatasinya ? padahal sebenarnya jawabannya cukup simple atau bahkan sangat simple. Dan yang namanya sama atau duplikat hanya ada satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan membuatnya menjadi tidak sama. Simple sekali bukan ha ha ha,.... Namun masih banyak orang yang belum paham atau belum tahu bagaimana caranya untuk membuat semua tag judul, deskripsi, keyword, dan title menjadi tidak sama dikarenakan tidak terlalu paham atau kurangnya pemahaman tentang kode-kode di dalam html. Untuk itu silahkan membaca panduan lengkapnya yang ada di bawah ini :

Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah membuat tag keyword, title dan deskripsi menjadi berbeda satu sama lain antar halaman postingan :
1. Pertama pastikan kalian sudah dalam keadaan login ke dalam blogger
2. Lalu pilih menu Template
3. Setelah itu klik menu Edit html
4. Taruh kode di bawah ini di bawah kode <head>, jika kalian sudah pernah memasang meta tag judul, meta deskripsi dan meta keyword kalian backup dulu kodenya di notepad. Jika kalian tidak mengetahui apakah di dalam blog kalian sudah ada tag meta deskripsi, title, keyword atau belum maka carilah kode-kode yang mirip seperti di bawah ini :

<title>bla bla bla....</title>
<meta content='bla bla bla....' name='description'/>
<meta content='bla bla bla....' name='keywords'/>

 Oke, saya anggap kalian sudah tahu yang manakah meta content deskripsi, meta content keyword, dan tag title. Dan kalian sudah membackupnya. Sekarang kalian taruh kode dibawah ini tepat di dbawah kode <head> atau di dalam kode <head> :
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
  <title><data:blog.pageTitle/> - Mobile Version</title>
   <meta content='Deskripsi homepage blog sobat tampilan seluler' name='description'/>
   <meta content='Keyword homepage blog sobat tampilan seluler' name='keywords'/>
   <b:else/>
   <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/> - Mobile</title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Deskripsi artikel blog sobat tampilan seluler&quot;' name='description'/>      <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Keyword artikel blog sobat tampilan seluler&quot;' name='keywords'/>
    <b:else/>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
       <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/> - Mobile</title>
      <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Deskripsi halaman statis blog sobat tampilan seluler&quot;' name='description'/>
      <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Keyword halaman statis blog sobat tampilan seluler&quot;' name='keywords'/>
   <b:else/>
  <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/> - Mobile</title>
    </b:if>
   </b:if>
</b:if>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
 <title><data:blog.pageTitle/> - Desktop Version</title>
  <meta content='Deskripsi homepage blog sobat tampilan desktop' name='description'/>
  <meta content='Keyword homepage blog sobat tampilan desktop' name='keywords'/>
   <b:else/>
   <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
     <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Deskripsi artikel blog sobat tampilan desktop' name='description'/>
     <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Keyword artikel blog sobat tampilan desktop' name='keywords'/>
      <b:else/>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
       <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
        <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Deskripsi halaman statis blog sobat tampilan desktop&quot;' name='description'/>
        <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, Keyword halaman statis blog sobat tampilan desktop&quot;' name='keywords'/>
   <b:else/>
  <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
      </b:if>
    </b:if>
 </b:if>
</b:if>
Sedangkan kode dibawah ini adalah versi kedua. Saran saya pakailah yang ini karena lebih simpel :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><title><data:blog.title/></title><meta content='Tutorial SEO, Tips dan Trik, Info menarik, panduan dan cara bermain game pc, artikel populer, blogging' name='keywords'/><meta content='Selamat datang di Shizenku Blog yang membahas seputar Panduan SEO dan Gaming, Tutorial Blogging, Tips n Trik, dan info menarik lainnya.' name='description'/><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><title><data:blog.pageName/> - Shizenku Blog</title><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - halaman statis, page static, laman, shizenku versi desktop, shizenku blog, informasi unik, dan menarik lainnya.&quot;' name='keywords'/><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - merupakan salah satu halaman statis yang ada di shizenku blog yang membahas tentang informasi unik populer dan menarik lainnya.&quot;' name='description'/><b:else/><title><data:blog.pageName/> - Shizenku Blog</title><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - shizenku blog, halaman blog, informasi unik, populer, terbaru, dan menarik lainnya.&quot;' name='keywords'/><meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; - saat ini anda sedang membaca halaman yang berjudul &quot; + data:blog.pageName + &quot; yang ada di shizenku blog.&quot;' name='description'/></b:if></b:if>

Setelah menggunakan kode di atas mungkin butuh waktu lama agar duplikat di webmastertool bisa berkurang atau bahkan hilang. mungkin antara 1 minggu - 1 bulan.

Kode di atas sudah satu paket dari mulai settingan tag judul, meta content deskripsi, dan meta content keyword. Kode warna merah silahkan di isi sendiri sesuai Title Blog, Deskripsi dan Keyword blog sobat. dan yang paling penting adalah kalian buat semuanya berbeda supaya tidak terjadi duplikat. perhatikan juga panjangnya, jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek.
5. Cari kode <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> lalu ganti dengan <link expr:href='data:blog.canonicalUrl' rel='canonical'/>

nb : Jika di dalam blog kalian sudah ada kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> maka langkah nomer 5 tidak perlu dilakukan dan langsung menuju langkah nomer 6. Sedangkan fungsi dari mengganti kode html pada langkah nomer 5 adalah agar url canonical di blog mobile version dan desktop version menjadi sama sehingga tidak terjadi duplikat.
6. Simpan Template.
7. Silahkan cek semua halaman postingan, lalu cek Page Source dengan cara klik kanan lalu pilih page source. Setelah itu lihat di bagian head, tepatnya di bagian meta content dan link canonical. Jika berbeda semua setiap halaman, berarti sudah berhasil.
8. Selesai.

Catatan : Trik ini tidak akan bekerja jika kalian menonaktifkan tampilan seluler. maka dari itu kalian setting tampilan seluler menjadi aktif.
Selamat Mencoba.

45 komentar : Membuat judul, deskripsi menjadi berbeda supaya tidak terjadi duplikat

kalo saya dicekal pake robot.txt gan :D hehe

Diposting oleh 

@Intan Sudibjo : kalo pake cara itu ,.versi mobilenya tidak terindex sob, .btw disallow di blog agan banyak banget, itu artikel yang di disallow yg udah di hapus ya gan, .he he

@ikerenki : emang kalo bleh tau di mana pernah coba triknya sob, .? yg di atas kodenya banyak lho, .yg buat saya sendiri, .gx copas, .
saya juga terapin di blog ini ,.:peace:. .

Diposting oleh 

baru pertama kali saya melihat trik seperti ini utk menyiasati duplikasi meta deskripsi dan tag tittle,,, hmmm keren :)
makasih infonya mas, ntar dicoba ^_^

Diposting oleh 

wah, diblog ssaya mobile versionnya didisallow sob,,,hehehe

Diposting oleh 

gan, tombol follownya manaa??????

Diposting oleh 

@Indri Lidiawati : Silahkan dicoba mbak indri, .
Untuk settingan deskripsi & keyword artikel mobile dan desktop di isi 1-2 kata saja soalnya didepannya udah ada settingannya menggunakan judul artikel. .

@Aan Apk : kalo didisallow ya gx di index sob, .he he
Tombol follownya ada di menu paling bawah sebelah kiri, .diantara menu Partner dan Disclaimer ..

Diposting oleh 

Saya kurang bisa kalau masalah tag ini, paling blank kalau urusan SEO mas, pengen bisa tapi gk ada yang ajarin, saya belajar disini aja ya mas, makasih masukannya mas... :)

Diposting oleh 

@Yobert Parai : Silahkan gan, .kalo mau belajar di mari ,.he he makasih atas kunjungannya, .

Diposting oleh 

klau gk salah penggunaan kata yang sama lebih dari 3 kali pada keyword bisa dianggap spam kan sob? keren ni,, bisa dicobalah ilmunya :D

Diposting oleh 

@Agri Ahyar Prasetya : Iya gan silahkan dicoba, .he he

bisa jadi gan, .pengulangan keyword lebih dari 3x bisa jadi spam dan satu lagi yang termasuk spam adalah keyword yang tidak sesuai dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan halaman artikel tersebut, . walaupun ada hubungannya dengan artikel lain tetapi tidak ada hubungan sma sekali dengan artikel tersebut tetep bisa jadi spam, .
btw makasih atas kunjungannya, ..

ternyata setelah saya cek di webmaster tools, blog saya banyak yang duplikat nich hmmm harus segera diatasi nich :)

Diposting oleh 

@Wahyu Eka Prasetiyarini : harus segera di atasi mbak, .he he ^_^

Diposting oleh 

@ikerenki : ha ha, .si agan bisa aja, . yg cemberut siapa gan, he he :D .. q orangnya nyantai, .

Diposting oleh 

Apa bisa suport dengan HTML 5 yah ?? sy sdh coba tpi kayaknya muncul eror code

Diposting oleh 

follback succes sob,,,

btw, ditunggu update selanjutnya ya

Diposting oleh 

@Vickry Husain : trik di atas gx ada pengaruhnya sama HTML5 , kalo boleh tahu errornya kayak apa gan, .?

kalo mengalami error, kayaknya kesalahan ada pada saat mengisi meta deskripsi dan keyword nya gan, . perhatikan spasinya gan, . setelah koma ( , ) harus ada spasi. .

@Aan Apk : Ok gan, .sip. .^_^

@rafinblog : Ok sob, .trimakasih atas kunjungannya. :D

Diposting oleh 

seppppppppp , , ,
saya coba ya sob , , ,
salam kenal,,jangan lupa mampir diblog q sob , , ,

Diposting oleh 

@Lupa Nama : siap ke TKP gan,. he he. .

Wah hebat ya mas budiyanto bisa buat script sendiri. Saya malah belum pernah nich buat script kayak getuan, soalnya nggak paham hehehe :D

Diposting oleh 

@Wahyu Eka Prasetiyarini : Ini bukan script mbak , .he he cuma kode html biasa, .

emang bedanya apa antara script dan HTML? hmmm :)

Diposting oleh 

@Wahyu Eka Prasetiyarini : gx Tau ah, . cari tahu aja sendiri ha ha ha, .sory just kidding

Javascript itu bahasa pemrograman komputer. Javascript bisa jalan dengan bantuan browser. kalo Javanya dimatiin ya nggak jalan.

HTML itu bahasa standard untuk membuat halaman web. HTML bisa langsung jalan dan ditampilkan dengan bantuan browser.

Diposting oleh 

langsung praktek gan!!!

Diposting oleh 

@Arif Subroto : Silahkan , .he he

Diposting oleh 

Itu namanya memanipulasi robot google bisa berdampak bahaya buat blog kita...!!! cara di atas bisa digunakan tapi bs kena dampak penalty google seluruh artikel bakalan dipenjarain google. Ada baiknya menggunakan meta robot untuk melarang google mengindex label dan archive, karena rata" terjadi duplikasi akibat archive blog...

Masalah yang saya temuin skrg, "Tag Judul Yang Hilang" sekitar 256 URL...!!! ada cara lain selain cara di atas ???? bagaimana klw templatenya menggunakan CSS untuk tag meta, pasti lebih membingungkan

Diposting oleh 

@Christy Han : salah, tutorial diatas tidak ada sangkut pautnya dengan pencekalan index robot google. tutorial diatas hanya untuk mengatur/menyetting tag judul, tag deskripsi, dan tag keyword.
yg dimaksud memanipulasi robot google adalah memasang deskripsi atau keyword yg isinya tidak ada kaitannya sama sekali dengan isi di blog tersebut, intinya bersifat menipu pengunjung. misalnya anda membuat blog yang isinya tentang jual beli komputer, tetapi anda memasang kata kunci video anime dll agar para pencari video anime mengunjungi blog/website anda.... -_- capedeh
jadi kalo memasang deskripsi atau keyword usahakan sesuai dengan isi blog tersebut.

masalah yg anda hadapi "Tag Judul Yang Hilang" berarti ada halaman yg belum ada tag judulnya.
kalo anda pake tutorial diatas insyaallah jika memakai kode diatas, semua tag yg hilang atau belum ada sekarang menjadi ada.

Diposting oleh 

wah patut di coba ni, saya sudah mengikuti berbagai tutorial tapi herannya selalu saja terjadi tag judul duplikat...salam kenal mas dan mohon masukannya untuk blog saya maklum masih awam bnget

Diposting oleh 

saya cek di chkme, halaman artikel dan label blog om yg ada di kholistembesi.blogspot.com belum terpasang tag keyword dan deskripsinya. sedangkan di homepage sudah terpasang. kalo masalah tag judul duplikat berarti tag judul ada yg double. coba kirimkan semua kode html di blog om ke saya lewat email pembela.allah@gmail.com. atau kalo ingin cepet bisa kirimkan email dan password ke pembela.allah@gmail.com insyaallah nanti kalo ada waktu, biar aku yg editin tag judul, deskripsi dan keyword di edit html.
sibuk kuliah soalnya,... :D

Diposting oleh 

wah terimakasih banget mas Budi. iya saya kirim lewat email

Diposting oleh 

sudah om,.. ditunggu aja beberapa minggu, insyaallah tag duplikat di webmaster bakal hilang..
udah ane bikin valid html5 juga,. kalo masih error dicek isi postingannya,.. :D

Diposting oleh 

wah banyak terimakasih mas Budi... sukses selalu dech buat mas Budi

Diposting oleh 

kalo tag keyword deskripsi dan title udah ada di template, lalu di setelan dasar dasboard blog ga usah diisi ya mas? ato diisi juga?

Diposting oleh 

kalo di template dah ada, di setelan dashboard blog gak diisi gak papa kayaknya.. :)

Diposting oleh 

Halo mas.. sebelumnya terimakasih ya, saya masih bener2 newbie, saya sudah mempraktekan cara ini. Setelah beberapa hari Duplikat deskripsi meta saya sudah berkurang, kemudian sempat hilang semua. Tapi beberapa minggu kemudian kok jadi muncul lagi ya mas? tapi untuk postingan yang lain sih. Saya jadi bingung salahnya di mana, saya pakek cara yang no 2 mas, yang lebih pendek.

Diposting oleh 

itu yg masih error, postingan baru atau postingan lama ?

Diposting oleh 

ada yang baru ada yang lama juga mas, tapi kebanyakan yang baru-baru..

Diposting oleh 

alamat blognya apa..?

Diposting oleh 

http://www.readthisfella.com/

tolong ya mas, saya gak tau lagi nih mau nanya sama siapa. Terimakasih sebelumnya, banyak banget artikel dari blog ini yang berguna untuk blog saya. :)

Diposting oleh 

ada banyak meta deskripsi yang di cekal oleh robot..

coba setting robots.txt
ganti Disallow: /search dengan Disallow:

Diposting oleh 

mas, tapi itu bukannya standart nya google gitu?

Diposting oleh 

default settingan robots.txt dari google memang seperti itu.. saya lihat settingan canonical di blog kamu tidak ada masalah jadi klo settingan robots.txt nya diubah kayak saran ku diatas, gak masalah... :)

Diposting oleh 

Ok mas, terimakasih sebelumnya ya. :)

Diposting oleh 

ya sama-sama sis ... :)

mantep juga triknya.. sy coba terapkan ya

Diposting oleh 

oke gan,... silahkan diterapkan... :)

Posting Komentar : Membuat judul, deskripsi menjadi berbeda supaya tidak terjadi duplikat

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Lisensi Creative Commons
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML