Shizenku Blog

Informasi unik, populer dan menarik lainnya

Cara uninstal driver vga AMD yang benar

Hari ini admin akan membagikan sebuah tutorial kepada para sahabat blogger semua bagaimana sih cara untuk melakukan uninstallasi driver vga ati radeon graphic dengan baik, benar dan bersih. Mungkin banyak para gamer, user atau pengguna vga amd radeon pada suatu saat ingin mengganti versi drivernya mengalami kesulitan dikarenakan saat melakukan uninstall driver vga-nya tidak bersih dan masih banyak file yang tertinggal. Dan akibatnya performa komputer saat bermain games pc menjadi tidak nyaman dan stabil sehingga banyak gamer yang merasa frustasi. Ada sebuah metode yang banyak dianjurkan dalam berbagai forum-forum online adalah dengan menggunakan sebuah software Driver Sweeper. Admin juga pernah sekali menggunakan program ini tetapi hasilnya tetap saja hasil uninstalasinya belum bisa dikatakan bersih.

  Terlepas dari itu, ada satu cara yang jauh lebih baik dari pada menggunakan driver Sweeper, dan cara ini akan memberikan pengguna kontrol penuh atas semua proses instalasi. cara ini saya dapat dari hasil pengalaman sendiri. berikut ini caranya :
1. Pertama yang harus dilakukan kalian buka Control Panel setelah itu kalian klik pilihan Uninstall a program.
2. Setelah itu kalian klik pada pilihan AMD Catalyst Instal Manager lalu kalian lihat di bagian atas ada tiga pilihan yaitu organize, change, repair kalian pilih yang change, nanti tampilannya akan terlihat seperti di bawah ini. lalu klik tombol next.

AMD Catalyst instal manager

3. Maka nanti akan ada tiga pilihan lagi yang muncul lalu kalian pilih yang paling bawah sendiri yaitu menu Express Uninstall AMD Software, setelah itu kalian ikuti petunjuknya sampai selesai lalu reboot (mematikan & menghidupkan komputer).

uninstal driver vga amd

4. Setelah Reboot kalian harus mempunyai aplikasi AMD Cleanup Utility 1.2.1.0
jika belum punya aplikasinya silahkan anda cari di situs resminya amd ukuran filenya cuma 2 MB dan aplikasi ini gratis.
5. Setelah kalian mempunyai aplikasinya, setelah itu kalian buka, jalankan atau run aplikasinya, Setelah kalian menjalankan utilitas ini, kalian harus melakukan restart komputer, hal ini sangat di perlukan untuk menghapus sepenuhnya semua file driver yang mungkin di gunakan selama proses uninstall. Dan jika kalian melakukan instalasi driver baru sebelum kalian restart sistem maka dapat menyebabkan Operating Sistem punya kalian tidak berfungsi dengan baik dan semestinya.
6. Setelah selesai reboot dan masuk windows lalu menuju dekstop, nah sampai di sini driver vga amd di komputer kalian sudah berhasil teruninstall dengan bersih, jadi sekarang kalian sudah diperbolehkan dan bisa menginstal driver terbaru.
Selesai.

43 komentar : Cara uninstal driver vga AMD yang benar

Diposting oleh 

@all : Ok gan, jangan manggil pak umur masih dibawh 20thn..he he ^_^

@Kraeng Francisco@sama sama gan.. .

Diposting oleh 

@Calista Computer :Untuk saat ini hanya support Windows 7 gan.

Diposting oleh 

@Anonim :agan pake OS apa ?emang muncul layar hitam pas apa gan ?agan dah ngikutin step-stepnya dengan benar belum, ane blom pernah ngalamin tuh. berdasarkan pengalaman ane gak pernah muncul layar hitam kok. mungkin pc agan yg bermasalah atau langkah-langkahnya kurang benar.

wah bermanfaat sekali, walaupun saya gk pake ati radeon, tapi ini bisa berguna suatu saat babti, thanks :)

Diposting oleh 

@Intan Sudibjo : berarti agan pake kubu ijo ya, .? he he, . btw makasih kunjungannya gan, . nanti ane kunjungi balik deh, .he he

Diposting oleh 

@Cara Ririn : weleh, berarti gx pernah ganti driver nih ,. ha ha ha. .
kalo para gamer sih jka ada update driver baru ya ganti driver mbak, .he he biar pas main game jadi lebih nyaman, ..

Diposting oleh 

ijin menyimak agar tahu cara menguninstal perabotan di dalam komputer, hehehe ^_^

Diposting oleh 

@Indri Lidiawati : Silahkan mbak indri kalo mau menyimak, . he he. .

Diposting oleh 

Nyimak dulu ya karena saya tidak pernah menginstall atau meng-uninstall vga amd radeon.

Diposting oleh 

@Meutrap Barang : ok gan ,.disimak aja dulu he he ,.

Diposting oleh 

Terimakasih mas infonya
Jadi sedikit tau nih

Diposting oleh 

@Didi Wirawan : Sip ,.he he ^_^
makasih atas kunjungannya gan ,.

Diposting oleh 

Ribet juga ya sob!
follow back sukses.
sukses terus ya sob!

Diposting oleh 

@Meutrap Barang : iye gan ribet, he he dulu ada link donlotnya tapi saya hapus takut melanggar kebijakan google, . :D
ok gan, trimakasih supportnya, .

Diposting oleh 

Gan help me T.T gini.. sya selesai donlot amd cleanup abs itu pas sya tinggal pc saya sama adek malah di klik amd cleanupnya.. dan sya blom jalanin langkah 1-3 alhasil pc sya jadi kyak gk ad vganya.. gmn gan solusinya? Apa bsa langsung instal drivernya gan?

Diposting oleh 

Dn lbh parahnya lagi gan.. stlh adik sya instal lnsng amd cleanup amd di uinstal a programnya itu amd instal managernya gk ad gan.. T.T

Diposting oleh 

@Andryan Drokz : itu berarti drivernya sudah teruninstal gan ,. setelah ngejalanin cleanup utility udah direstart belum ? jika belum direstart dulu. jika sudah direstart sekarang tinggal instal driver terbaru. btw makasih atas kunjungannya.

Diposting oleh 

Sudah sya restart gan.. n hasilnya pc sya kyk gk ad vganya gtu gan.. sya blom jalanin step 1-3 takutnya pas instal ad masalah..
Oke gN sama"

Diposting oleh 

@Andryan Drokz : sekarang agan tinggal instal driver vganya gan, . kalo drivernya belum diinstal ya begitu, kayak gak ada vganya. gx apa2 kok gan belum jalanin step 1-3 karena menurut saya drivernya sudah teruninstal.

met sore gan,info yg mantap bgt.
btw laptop lenovo G485 gan dgn AMD 6310,OS windows prof. Nah masalahnya stiap instal driver VGA AmD nya trus reboot tp gagal msuk windows,nah apa yg salah gan??apa crash dgn OS nya??atau gmn??mohon petunjuknya

nb: OS win 7 prof 32bit,tambahan klo sambil di Cas laptop ga masalah,hidup normal,tp klo tanpa cas,gagal masuk cma welcome trus ada notifikasi explorer.exe klo di close muncul notif lain.

Diposting oleh 

@Mhoiink Imtihaan : mungkin gx cocok drivernya gan, . cari aja driver versi lainnya. coba di repair gan windowsnya pake cd windows.
kayaknya masalah ada pada windowsnya gan soalnya ada error di explorer.exe atau mungkin sudah kena virus.

tapi kalo masih belum bisa juga saran ane instal ulang aja gan trus setelah instal ulang langsung instal anti virus gan biar aman dari virus. saran ane pake Avira Antivirus. . :D

apa mngkin virus gan??soalnya slesai instal langsung di pasang kaspersky ama tmen ane yg emng IT,ane sh kurang paham.
Tp thanks atas pncerahannya.klo emang ga cocok drivernya apa mngkin gan?ane instal pke bantuan booster driver.

ok gan,nnti ane ikutin langkah2 yg di link dulu.klo mang ga bsa,mngkin instal ulang windows solusi'a..

Diposting oleh 

@Mhoiink Imtihaan : Ok gan, . :D

gan sya lupa jelasin klo ini kali kedua saya instal ulang win7 ultimate ke prof,tp tetep keduanya sama2 gagal booting saat instal driver vga amd'nya.
Kira2 apa ya..
Apa mang hardware?soalnya ini baru 3bln dan blm pernah jatuh /msalah serius lainnya.
Trims gan

Diposting oleh 

@Mhoiink Imtihaan : hah 2 kali instal ulang gx berhasil juga instal driver amdnya. berarti masalah ada pada drivernya. emang pas beli tidak dikasih cd driver gitu gan, kalo ada pake yg itu aja !
kalo masih belum bisa juga mending gx usah instal driver aja gan, soalnya kan pas instal windws biasanya udah ada driver dari windows :D

klo maksud agan vga standard mah ada yg bwaan windows..
cd mah ada gan ,cma msalahnya stiap instal driver amd baik dr CD atau Lenovo maupun lngsung dr AMD radeon ttp aja bgtu..
Oia gan ane pke amd seri 6310 M,kira2 bisa ga pke seri di atas atau di bwah seri itu.
Thank ya gan.

Diposting oleh 

@Mhoiink Imtihaan : gx bisa gan, driver harus cocok dengan vga agan. kalo pas instal driver gagal booting berarti driver bisa jadi tidak cocok gan, sebagai contoh agan pake windows 7 64-bit tetapi agan instal driver vga yang versi 32-bit jelas gx bisa :D

ane masih bingung gan dengan masalah agan, yg jadi masalah itu cuma gx bisa instal driver ato ada masalah lainnya ? kalo gx bisa instal driver baru, berarti dulu udah punya driver yg terinstal kan gan. mending di rollback drivernya. caranya klik Start > klik kanan menu Computer > pilih Properties > Device Manager > Display adapter > klik 2x nama vga agan > menuju tab Driver > trus pilih Roll Back Driver.

Diposting oleh 

driver udah sukses ter uninstall mas..
tapi giliran mau install yang baru gak bisa,,sy pake asus , vga radeon HD 6730 , win7 64bit
udah download installer vga dr situs amd gak bisa,,
klo yg autodetect katanya graphic adapternya gak sesuai,,klo download ati catalystnya langsung, gagal pas instal AMD Catalyst Install Manager..
semoga bisa dpt pencerahan dr mas budi

Diposting oleh 

@Bhakti Nagara : kalo gagal instal driver, berarti driver yg mau diinstal tidak cocok dengan hardware vga :D
agan udah pastiin belum itu driver udah cocok pa belum ?
karena agan pake win 7 64-bit. driver yg harus diinstal juga harus yg versi 64-bit.

Diposting oleh 

baru sadar mas,ternyata win7 blm SP 1,trs software dr situs ATI itu hrs udah win7 SP1
lg download SP 1 nya neh..kalo nanti berhasil ada masalah saya kabari..

Diposting oleh 

@Bhakti Nagara : kalo boleh tahu link download drivernya mana gan, ane mo ngecek :D
soalnya setahu saya instal driver tidak harus win 7 sp1, win 7 yg belum sp1 bisa kok. he he ^_^

Misi gan, saya baru aja ikut step agan, saya pake r9 270x, nah setelah ane jalanin amd cleanup itu, trus ane restart, nah ni tiba2 mouse sama keyboard ga mau nyala sama sekali, udh ane coba ganti2 semua port. Tapi pc bisa masuk windows, to gimana mau nginstal driver baru kalo mousenya aja ga nyala.
Minta pencerahan sangat gan.
Suwun.

Diposting oleh 

@nurseta ridho : yang bener gan,. kok bisa ? :confused

ya udah kalo gitu coba di restore dulu gan,..
untuk link download AMD Clean Uninstall Utility yang terbaru di sini, ukuran file 6MB :
http://www2.ati.com/drivers/amdcleanuputility.exe

sedangkan panduannya ada di sini :
Tutorial uninstal driver vga AMD Radeon terbaru

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Diposting oleh 

AMD Cleanup Utility 1.2.1.0 masih bisa di download ga? share linknya donk om..

@Dewie Aprillia : itu di komentar sebelumnya udah ane kasih link-nya...
skarang udah ada versi terbaru AMD Catalyst Clean Uninstall Utility 1.4.0.0 :D

Diposting oleh 

makasih

Diposting oleh 

@Jalu Rosyid Abadan : sama-sama gan... ^_^

Diposting oleh 

Gan mau tanya saya udah instal driver amd crimson yang baru nah pas di setingan kon cman ada setingan power doang itu solusinya gimana ya gan......

Diposting oleh 

wah.. klo driver crimson terbaru kurang tahu gan.. :'(

Diposting oleh 

Saya mau tanya gan, setelah meng-upgrade ke versi 17.4.4 kok sering auto restart ya? Saya sudah coba downgrade ke versi sebelumnya tapi penyakitnya masih kambuh. Boleh minta solusinya gan?
.
Lenovo Ideapad 110 | AMD A9 with Radeon R5 | Windows 10 | 4GB

Diposting oleh 
 · Admin mengatakan...

mungkin driver nya tidak cocok ..
kalau boleh tahu tipe laptop nya apa ..
Lenovo Ideapad 110 tipe 14AST atau 15AST atau yg lainnya ??

Posting Komentar : Cara uninstal driver vga AMD yang benar

Baca dulu Peraturan Berkomentar di Blog Ini ! Supaya komentar anda tak sia-sia. Admin sangat senang jika tidak ada komentar yang mengandung spam :)

.::Peraturan Berkomentar::.

• Gunakan bahasa dan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung semua pihak manapun, baik ketika dilihat anak kecil maupun orang dewasa.
• Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang menyinggung RAS, SARA, dan berbau P*RNO.
• Dilarang menaruh link Aktif di dalam kotak komentar.
• Berkomentar Out Of Topic atau Oot saya perbolehkan apabila komentar tersebut berupa pertanyaan penting, asalkan tidak berlebihan dan tidak berbau SPAM!

Komentar akan dibalas paling lambat 3 hari kemudian. Terimakasih atas perhatiannya.
Widgets
Lisensi Creative Commons
Copyright © 2012 . Simo Responsive Template Design oleh . Publisher oleh Shizenku Blog.
Powered by Blogger and AMP ⚡ HTML